Ishak Umarella Resmi Jadi Nama Baru RSUD Tulehu

TERBARU356 Dilihat

Kabardaerah.com- Gubernur Maluku Said Assagaf atas nama Pemerintah Daerah meresmikan nama RSUD Tulehu menjadi dr.H.Ishak Umarella

Hal ini di dasarkan pada peraturan Gubernur Maluku No.46 tahun 2017 tentang pemberian nama RSUD Tulehu menjadi RSUD dr.H.Ishak Umarella.

Dalam sambutannya Gubernur Maluku Said  Assagaff senin (24/7/2017) meyakini bahwa pemberian nama RSUD  Tulehu menjadi RSUD dr.H.Ishak Umarella bukanlah proses formal seremonial biasa tetapi merupakan peristiwa yang kultural dan punya nuansa idiologis yang sangat kental.

“Kenapa saya katakan demikian  karena sebenarnya dalam pendekatan sosialkultural maka pemberian nama secara psikologis akan menjadi sumber inspirasi bagi kemajuan Rumah sakit di Daerah ini,”ujar Gubernur Maluku.

Apalagi kata Assagaff nama dr.H.Ishak Umarella yang di sematkan sebagai nama RSUD Tulehu yamg merupakan Tokoh yang punya banyak jasa dan menjadi panutan untuk banyak orang.

Iapun mencatat bahwa di Indonesia  sampai saat ini ada 2.602 rumah sakit baik milik Pemerintah Pusat,milik Pemerintah Daerah,milik TNI/POLRI,milik Badan Usaha Milik Negara maupun swasta.

“Memang tidak ada regulasi atau aturan yang mewajibkan bahwa nama seorang dokter harus menjadi nama rumah sakit,”katanya lagi.

Pemberian nama rumah sakit kata Assagaff menggunakan nama seorang tenaga medis di samping sebagai wujud penghargaan terhadap Tokoh tersebut juga sangat di harapkan mampu memotifasi tenaga medis yang bekerja di rumah sakit tersebut.

“Tapi harus sesuai dengan peraturan  Menteri Kesehatan RI No.56 tahun 2014  pada pasal ke 77 menyatakan bahwa penamaan rumah sakit milik Pemerintah di larang menggunakan nama orang yang masih hidup dan harus memperhatikan nilai dan norma agama,sosial budaya dan juga etika,”ucap Gubernur Maluku.dalam sambutannya.

Almarhum dr.H.Ishak Umarella adalah Putra Negeri Tulehu dalam kapasitasnya sebagai seorang dokter tidak bisa di ragukan lagi,selain menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Maluku berliau juga perna menjabat sebagai kepala rumah sakit Alfatah Ambon.

“Untuk itu sebagai penghormatan kepada Almarhum dr.H.Ishak Umarella atas semua jasa-jasanya maka pada hari ini (24/7) Pemerintah Provinsi Maluku menyematkan nama beliau sebagai nama Rumah Sakit Umum Daerah Tulehu,”Lanjut Dia.

Lanjut Assagaff bahwa proses pemberian nama sudah di ususlkan sejak September 2015 dan di usulkan dalam rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan namanya RSUD Tulehu menjadi RSUD dr.H.Ishak Umarella dan hal ini telah di sahkan dalam peraturan Gubernur Maluku No.46 tahun 2017 tentang pemerian nama RSUD Tulehu Provinsi Maluku menjadi RSUD dr.H.Ishak Umarella.

“Ada satu hal yang jarang di miliki oleh seorang dokter dimana kwalitas kompetensi sebagai seorang dokter yang mumpuni,Almarhum juga di kenal memiliki kepakaran di bidang keagamaan bahkan masuk pada deretan Ulama,”ujarnya.

Di akhir sambutanya Gubernur Maluku Said Assagaf berharap dengan adanya nama RSUD dr.H.Ishak Umarella dapat berkembang menjadi RSUD yang maju dan terkemuka di Provinsi Maluku.

Tinggalkan Balasan