Kedutaan Besar Australia Pertanyakan Kasus Penembakan di Freeport

BERITA UTAMA, TERBARU230 Dilihat

PAPUA.KABARDAERAH.COM- Sekretaris Dua -Kedubes Australia Mr. Alexander Meekin berkunjung ke Polres Mimika di Jalan Agimuga Nomor 03 Timika Mako Polres Mimika. Dalam kesempatan itu Kedubes mempertanyakan siapakah pelaku penembakan karena selama ini terkesan misterius, sehingga terjadi teror yang meluas ke kota.

Wakapolres Mimika Kompol Arnolis Korowa, SH. MH dan Kasat Intelkam Polres Mimika AKP Banu Maulidina Isya, Selasa (12/12) membenarkan, jika Kedubes Autralia datang. Mereka melakukan sharing serta, mempertanyakan Bagaimana tindakan kepolisian dengan adanya kejadian penembakan di area PT Freeport.

” Saya yang langsung menerima Kedube. Mereka datang senin kemarin. Dalam kesempatan itu juga dipertanyakan Alexander Meekin mempertanyakan Siapakah pelaku penembakan karena selama ini terkesan misterius,” katanya.

Wakapolres Mimika menyampaikan bahwa Polres Mimika bertanggung jawab penuh terhadap keamanan di Kabupaten Mimika.
Terkait masalah penembakan, hal tersebut menjadi tanggung jawab dan kewenangan aparat keamanan.

Dikatakannya, karyawan dan masyarakat tetap bekerja seperti biasa dan kami siap memberikan rasa aman. Kelompok Kriminal Bersenjata sudah lama eksis di Papua, dan sejauh ini teror KKB tidak pernah terjadi di kota. Selain itu peran Polres Mimika juga menungkatkan keamanan di Kabupaten Mimika menjelang Pilkada.

” Penanganan KKB adalah secara hukum, karena tindakan KKB merupakan tindak kriminal. Bila tidak terjadi kesenjangan saya pikir tidak akan ada teror dari KKB. ” Ujarnya.

Sementara terkait  kesenjangan ekonomi antara masyarakat pekerja di PTFI, masyarakat yang mempunyai bisnis sendiri dan masyarakat umum yang terkesan masih miskin.  Sejauh mana peran gereja dalam mewujudkan keamanan di Mimika., apakah ada permasalahan antar pemeluk agama di Mimika.

Wakapolres menuturkan kesenjangan, bahwa hal tersebut memerlukan proses dan kita tahu bahwa untuk mengatasi kesenjangan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.  Polres Mimika tetap bekerja sesuai tanggung jawab, dan menjadi tantangan bagi kami untuk selalu menciptakan kondisi keamanan agar kondusi.

Kapolres Mimika dibantu Wakapolres dan 40 perwira akan tetap bersinergi sehingga tugas yang berat akan terasa ringan. Pihak Polres Mimika selalu berkomunikasi dengan semua lapisan masyarakat, terutama gereja dan masjid, begitu juga dengan FKUB. Tidak ada permasalahan antara agama di Timika.

” Sikap toleransi masyarakat di Timika sangat tinggi. Bila hubungan manusia dengan Tuhan terjalin dengan baik, maka hubungan sesama manusia juga akan terjalin dengan baik.” Kata Korowa.

Sementara menjelang pelaksanaan Pilkada, mulai dari jajaran yang ada di perkotaan maupun Polsek yang ada di pedalaman siap mengamankan Pilkada 2018. Sebelum meninggalkan Mako polres Mimika Mr. Alexander Meekin juga mengunjungi Comand Center Sanika Satyawada.

(Rex)