Perpustakan Kota Malang Akan Buka Kembali 11 Juni 2019

OPINI & ARTIKEL91 Dilihat

JATIM.KABARDAERAH.COM– Sebagai salah satu instansi plat merah, milik pemerintah, perpustakaan kota Malang pada lebaran kali ini, jadwal libur mengikuti ketetapan pemerintah. Termasuk cuti bersama sesuai ketentuan yakni mulai masuk tanggal 10 Juni 2019. Ini sebagaimana dijelaskan Suprih.Plt. Kabid Layanan Perpustakaan Kota Malang. Hal ini dikuatkan oleh Santoso Mahargono, pegawai perpustakaan yang mengatakan ” Untuk ASN tgl 10 masuk, tapi layanan utk masyarakat tgl 11 bu.”

Pada tanggal 11 Juni 2019 Perpustakaan kota Malang menjadwalkan buka normal. Maksudnya adalah buka jam 8.00 pagi hingga jam 20.00 malam tanpa istirahat. Demikian pula hari Sabtu dan Minggu sejak tanggal 11 Juni 2019 akan dibuka pada jam 09.00 pagi hingga jam 20.00 WIB.

Senada dengan Suprih, Santoso Mahargono, pada kesempatan lain juga menjelaskan, pada libur lebaran tahun 2019 ini, perpustakaan umum kota Malang tidak melayani pemustaka sejak tanggal 1 Juni 2019 dan akan buka kembali 11 Juni 2019.

Perpustakaan yang terletak di jalan legendaris kota Malang, Ijen Boulevard ini memang sangat diminati oleh masyarakat. Kehadirannya selalu penuh dengan pengunjung. Ini tergambar dari tingkat kunjungan bulan puasa kemarin yang menyentuh kisaran angka 750 hingga 800 orang perhari. Angka tersebut melonjak saat hari Sabtu dan Minggu yang bisa mencapai 1.000 orang perharinya. Data ini menunjukkan jumlah terbanyak pengunjung dibanding perpustakaan kota lain di Indonesia.

Pemustaka, – sebutan untuk pengunjung perpustakaan – yang memenuhi perpustakaan tersebut rata -rata berasal dari mahasiswa kota Malang dari berbagai kampus. Juga pelajar sekolah di kota Malang, mulai tingkat PAUD hingga SLTA. Selain pengunjung luar daerah yakni Malang Raya dan sekitarnya.

Dengan letaknya yang strategis, mudah dijangkau, berada di salah satu icon kota Malang, pengunjung yang memasuki perpustakaan tidak melulu mereka yang menjadi anggota tetap. Banyak wisatawan luar daerah atau mancanegara menjadikan perpustakaan ini sebagai destinasi, tujuan wisata, secara gedung perpustakaan ini juga merupakan cagar budaya.

Dengan baru dibuka kembali tanggal 11 Juni mendatang tentu wisatawan kota Malang yang ingin menjadikan perpustakaan pada cuti bersama lebaran kali ini sebagai salah satu tujuan harus berpikir ulang. Mengalihkan lokasi tujuan wisata ke tempat lain yang banyak tersebar di kota Malang. Sedangkan bagi mereka yang berkeinginan menjadikan perpustakaan tersebut sebagai tempat mendapatkan sumber informasi, pengetahuan dan referensi maka harus bersabar hingga 11 Juni mendatang. Saat perpustakaan tersebut buka normal dengan jadwal tersebut di atas.

(Anis Hidayatie)