Jambore Terpadu Kader PKK Berprestasi dan Gelar TTG Tingkat Provinsi di Tanah Datar Dibuka

Tanah Datar – Kader PKK Berprestasi dan Gelar Tekonologi Tepat Guna (TTG) gelar Jambore Terpadu Tingkat Provinsi di Lapangan Cindua Mato Kota Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, Selasa (18/06/2019). Acara tersebut berlangsung hikmat dan meriah.

Dengan menampilkan tari kolosal Semarak Tanah Datar Luak Nan Tuo yang dibawakan pelajar dengan atribut tampian, lasuang, katidiang, talam jamba dan marawa menyemaraki pembukaan, juga dihebohkan penampilan yel-yel kader PKK Kabupaten/Kota, mars PKK dan mars Jambore.

Kegiatan di bawah pimpinan Ketua TPP PKK Kabupaten/Kota beserta pengurus yang dihadiri sekitar 1.000-an kader PKK dan unsur TTG se-Sumatera Barat berlangsung hingga Kamis mendatang.

Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyampaikan apresiasi kepada Tanah Datar selaku tuan rumah, panitia dan seluruh kader yang hadir.

“Mengingat begitu banyak manfaat kegiatan ini, pemerintah provinsi menyambut baik kegiatan akbar Jambore PKK, sehingga perlu dipertahankan,” ujarnya.

Wagub berpesan ketahanan keluarga menjadi tugas bersama yang juga tertumpang kepada PKK. “Bagaimana ketahanan keluarga bisa terjaga, menjadikan keluarga bisa mandiri dan memperhatikan pendidikan, menjaga keluarga dari pengaruh narkoba, LGBT. Ini menjadi tugas bersama dan besar harapan PKK dengan program Dasawisma dan 10 Program Pokok PKK bisa menjadi garda terdepan mensukseskannya bersama pemerintah,” harapnya kepada kader PKK.

Kemudian, Nasrul Abit mengingatkan kader PKK harus bisa mengikuti kemajuan teknologi informasi. “Kader PKK harus melek teknologi. Revolusi teknologi 4.0 bisa dimanfaatkan menunjang kegiatan PKK,” tegasnya.

Selanjutnya, Ketua TPP PKK Provinsi Ny. Nevi Zuairina dalam laporannya menyebutkan kegiatan Jambore Kader PKK sebagai bentuk reward kepada seluruh kader PKK mulai dari tingkat jorong yang sudah bekerja ikhlas tanpa pamrih di tengah-tengah masyarakat.

“Jambore kader PKK sebagai bentuk reward kepada kader, mudah-mudahan kegiatan ini bisa menambah wawasan dan menjalin silaturahmi memperkuat persaudaraan sesama kader. Ini bukan pertemuan biasa tetapi saran konsolidasi melahirkan program kegiatan yang tetapt sasaran. Kita patut bangga karena Sumatera Barat satu-satunya di Indonesia yang melaksanakan jambore kader,” ungkap Ny. Nevi yang juga didampingi Wakil Ketua Ny. Wartawati Nasrul Abit.

Ny. Nevi yang juga Isteri Gubernur Sumbar mengatakan kader PKK berasal dan ada di tengah-tengah masyarakat. “Kader PKK bisa disebut sebagai srikandi yang turut berperan dalam pembangunan, sesuai dengan tema jambore mari kita tingkatkan kinerja selaras dengan program pemerintah,” tuturnya.

Selain itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, kami menyampaikan selamat datang di Tanah Datar Luhak Nan Tuo, selamat berkegiatan dan selamat mengikuti lomba. Jangan lupa di sela-sela kegiatan bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata dan kuliner yang ada, kita sediakan khusus pasar digital Van der Capellen di halaman Gedung Promosi Tanah Datar, agar peserta bisa menikmati kuliner khas Minang tempo dulu,” sampai Irdinansyah.

Di kesempatan itu, Bupati menghaturkan terima atas kepercayaan Tanah Datar ditunjuk sebagai tuan rumah.

“Sebuah kehormatan ditunjuknya Tanah Datar, kami akan memberikan yang terbaik, namun demikian tidak ada gading yang tidak retak, permohonan maaf kami haturkan kepada seluruh tamu kami jika ada yang kurang berkenan,” ucapnya.

Senada dengan itu Ketua TPP PKK Tanah Datar Ny.Emi Irdinansyah yang juga didampingi Wakil Ketua I Ny. Retri Zuldafri usai acara mengatakan sebuah kehormatan menjadi tuan rumah. “Kita ingin Tanah Datar sukses sebagai tuan rumah dan bisa berikan prestasi terbaik sebagai Juara Umum seperti tahun lalu,” ungkapnya.

Disampaikan kegiatan Jambore diisi dengan Gelar Tekonologi Tepat Guna, Pembekalan/Penyuluhan Kesehatan, Lomba Parade/ yel-yel kontingen kabupaten/kota, Lomba Ekspose Kegiatan PKK Lomba Simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja, Lomba Pameran hasil Kelompok UP2K PKK, Lomba Penyuluhan tentang “Strategi dan Pengembangan Pelaksanaan Kegiatan HATINYA PKK”, Lomba Penyuluhan melalui Stand Up Comedy, Penampilan Kesenian Khas daerah, Out Bound, dan Khataman Al Qur’an dan Tausiah.

Dalam acara itu juga ada penyerahan bantuan untuk 100 Kepala Keluarga (KK) dari Baznaz Provinsi Sumatera Barat masing-masing Rp. 250.000, bantuan sembako untuk 100 orang dari TP PKK Tanah Datar dan bantuan 200 bibit batang durian, jambu, jeruk dan lainnya.

Turut hadir Bupati dan Walikota beserta Ketua TP PKK se-Sumatera Barat dan Forkompinda Tanah Datar beserta Isteri. (doi/humas)