Warga dan Peserta KKN-T Unira Malang Ikuti Tahlil Akbar Desa Sumber Tangkil, Tirtoyudo Malang

DAERAH161 Dilihat

JATIM.KABARDAERAH.COM- Tahlil akbar merupakan kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat desa Sumber Tangkil Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Diadakan tiap bulan, berpindah tempat pelaksana. Kali ini diadakan dengan pemandangan berbeda, ada peserta berseragam KKN ikut serta.

“Ya, pelaksanaan tahlil akbar kali itu berlangsung lebih semarak, 16 peserta KKN ikut serta mengikuti kegiatan tahlil akbar itu. ” Ini sebagai upaya mendekatkan diri dengan warga, agar keberadaan kami bisa diterima masyarakat setempat.” Tutur Widya, salah satu peserta KKN- Tematik dari Unira, Universitas Islam Raden Rahmat Malang, ketika menjawab pertanyaan wartawan tentang motivasinya mengikuti kegiatan tersebut, Senen, 12/8/2019

Menurutnya, kegiatan itu sendiri berisi pembacaan sholawat dan tahlil, diikuti oleh seluruh warga desa Sumber Tangkil yang berjumlah 27 RT. Tempat pelaksanaan kegiatan yakni di RT 9.

Hj. Nurul Jannah, tokoh masyarakat setempat memberikan apresiasinya. “Kegiatan yang dilakukan satu bulang sekali ini adalah ajang penambahan ilmu agama agar bersemangat dalam beragama.”

Hal lain yang cukup istimewa kali itu adalah kedatangan pembicara tunggal untuk menyampaikan tausiyah, yang kebetulan bertepatan dengan momen Idul Adha. Ustad Iskandar asal Turen diundang untuk mengisi acara. Dengan gaya humoris dia menyampaikan tausiyahnya tentang pentingnya sholat dan bagaimana sebaiknya berperilaku kepada orang tua.

” Inilah yang membuat masyarakat setempat dan KKN-T Unira Malang tambah betah berlama lama serta antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir.  Kegiatan  yang diadakan Sabtu itu berjalan lancar,” Ujar Widya menutup wawancara. 12/8/2019. **

(Anies hidayati)