MTsN 1 Malang Adakan Praktek Manasik, Penyembelihan dan Baksos

DAERAH221 Dilihat

JATIM.KABARDAERAH.COM- Serangkaian acara memperingati hari raya Idhul Adha digelar oleh civitas akademika MTsN 1 Kota Malang yang terletak di Jalan Bandung.

Diawali dengan kegiatan manasik haji bagi seluruh siswa sabtu 9/8/2019, lalu penyembelihan hewan kurban di lokasi sekolah 11/8/2019 dan berakhir dengan kegiatan baksos di desa Dawuhan, Poncokusumo- Kab. Malang, 12/8/2019.

Manasik haji yang diadakan untuk siswa menuai tanggapan positif dari peserta.
” Saya senang dengan adanya praktik manasik haji ini, karena bisa tahu alur-alur pelaksanaan ibadah haji sambil membayangkan seolah olah kita sedang berada di sana,” Tutur Faisal, salah satu siswa Madrasah tersebut.

Terkait pelaksanaan tiga hal tersebut, Mujiono, guru fikih pada madrasah ini, Rabu (14/8) mengatakan, kegiatan ini disambut antusias oleh anak-anak, karena dibuat semirip mungkin dengan dilengkapi beberapa miniatur layaknya di Makah dan Madinah.

“Sedangkan terkait kegiatan penyembelihan dan baksos kita berharap disamping memberikan pembelajaran bagi anak-anak terkait qurban, kegiatan ini memberikan manfaat sampai ke luar sekolah. Dalam hal ini peserta didik juga ikut memberikan sumbangan loh untuk dibawa ke daerah lokasi baksos. Disana membangun MCK di musholla, Menengadakan penyembelihan 1 sapi dan 2 kambing, sembako, baju layak pakai, serta pengobatan gratis,” Tambah Mujiono menjelaskan.

Sedangkan bagi Mas’udi guru bahasa Inggris sekaligus waka humas di MTsN 1 Kota Malang kegiatan ini efektif untuk pembelajaran. ” Efektif. Bagi guru dan siswa, mengingatkan pada kita semua bahwa kita masih punya kesempatan untuk melaksanakan peribadatan seperti qurban. Hakikatnya Allah menguji kita dengan kenikmatan dunia,” katanya.

” Kegiatan ini adalah perwujudan ketaatan pada norma agama yang mempunyai implikasi besar pada kepekaan sosial. Terutama bagi siswa, peserta didik juga guru dan seluruh jajaran MTsN 1 Kota Malang.” Begitu dikatakan perempuan yang di panggil Bu Anna, guru PPKn kepada wartawan.

(Anis Hidayatie)