Begini Kata Rusia Paska  AS Habisi Jenderal Top Iran Qassem Soleimani

INTERNASIONAL99 Dilihat

DKI.KABARDAERAH.COM-Kementerian Pertahanan Rusia mengecam serangan udara Amerika Serikat (AS) di Baghdad yang menewaskan jenderal top Iran, . Moskow berpendapat komandan pasukan elite Teheran itu telah memainkan peran penting dalam memerangi teroris di Suriah dan Irak.

Jenderal Soleimani adalah komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran. Dia tewas bersama enam orang lainnya, termasuk komandan misili Syiah Irak, dalam serangan Amerika di Bandara Internasional Baghdad, Irak, Jumat dini hari. (Baca: Mengenal Jenderal Soleimani yang Dibunuh AS di Baghdad)

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kematian komandan Pasukan Quds itu akan membahayakan keamanan internasional. Menurut kementerian tersebut, serangan atas perintah Presiden Donald Trump kemarin merupakan tindakan picik yang akan mengarah pada eskalasi ketegangan di Timur Tengah.

Kementerian Luar Negeri Rusia juga menyampaikan peringatan serupa atas tindakan Washington. “Langkah Washington penuh dengan konsekuensi besar bagi perdamaian dan stabilitas regional,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Washington Examiner, Sabtu (4/1/2020). **

(Den)