Idul Adha 1443 H, Lapas Lahat Sembelih 2 Ekor Sapi

Kabardaerah.com | Lahat
— Bertempat di Lapangan Olahraga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Lahat, Petugas dan sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lakukan sholat Idul Adha secara berjamaah. Minggu, 10 Juli 2022.

Dihadiri oleh ustad Fajrul Alamsyah, S.Ag. yang juga bertindak sebagai Khatib menyampaikan khotbahnya seputar perjuangan dan semangat berqurban.

“Seberat apapun ujian kita, tetap tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur kepada-Nya, sebagaimana Firman-Nya yang tertuang dalam QS. Al-Kautsar : Ayat 1-2; “sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka, dirikanlah Sholat karena Rabbmu dan berqurbanlah”. Kata Ustad dalam dakwahnya.

Selanjutnya, usai pelaksanaan sholat idul adha berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan 2 ekor hewan qurban sapi yang sebelumnya telah diserahkan oleh PT. Priamanaya Group dan PT Fajar Basthi Sejahtera kepada Lapas Lahat.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat Kemenkumham Sumsel Soetopo Berutu menyampaikan rasa terima kasih kepada PT. Priamanaya Group dan juga PT. Fajar Basthi Sejahtera yang telah memercayakan Lapas Lahat untuk penyembelihan hewan qurban di perayaan Idul Adha tersebut.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih sekali kepada PT. Priamanaya Group dan PT. Fajar Basthi Sejahtera atas hewan qurban ini, yang mana pada pagi ini selepas sholat idul adha berjamaah, petugas dibantu dengan beberapa WBP telah melangsungkan penyembelihan dan kemudian dagingnya akan diserahkan ke dapur Lapas Lahat untuk diolah dan dimakan bersama WBP. Ini merupakan suatu anugerah bagi Lapas Lahat tentunya, begitupun dengan WBP yang mana dalam perayaan idul adha hari ini juga terlihat bersuka cita, ditambah Lapas Lahat juga dalam waktu dekat akan memberlakukan layanan kunjungan tatap muka.” Kata Kalapas.

Kemudian Soetopo Berutu juga berharap Kepada WBP agar kiranya dapat memaknaiHari Raya Iduladha sebagai momentum meningkatkan kesabaran, keikhlasan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam menjalani masa pidananya dan kembali menjadi pribadi yang lebih baik.

“Melalui momentum Idul Adha ini, semoga saudara-saudaraku WBP sekalian betul-betul dapat memaknai apa itu yang dimaksud dengan berqruban; berani mengambil langkah untuk menuju kepada yang lebih baik walaupun itu berat, selalu berupaya untuk tidak lagi terjerumus ke lubang yang sama serta semangat untuk mengawali hari yang indah dengan arah dan tujuan hidup yang lebih baik.” Harap Kalapas. (EY)