Kembali Maju di Pilkada Pegubin, Yan Birdana Tidak Akan Borong Parpol

KABARDAERAH.COM– Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Pegunungan Bintang, sekaligus Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST,M.Si resmi  mendaftar sebagai calon peserta Pilkada yang akan dihelat KPU 27 November 2024.

Spei Yan Birdana telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran sebagai bakal calon Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin) periode 2024-209 kepada Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Sesuai tahapan pemilu, saya sudah ambil formulir pendaftaran dan hari ini saya kembalikan formulir untuk menjadi Calon Bupati Pegunungan Bintang. Tetapi siapa yang mendapatkan rekomendasi sah dari DPP PDIP, nanti kita tunggu. Kita buka juga kader lain daftar di PDIP,” kata Spei Yan Bidana kepada awak media Rabu pekan ini di DPC PDIP Pegunungan Bintang.

Dikutip dari laman media papuabangkit, Spei Yan menegaskan, meskipun dirinya menjadi calon bupati incumbent, namun ia tidak akan menggunakan kekuasaan untuk memborong banyak partai politik demi menghalangi kader lain maju seperti tabiat politisi lainnya.

Spei Yan Birdana dikenal masyarakat sebagai salah satu Kepala Daerah bertangan dingin,karena berhasil melakukan inovasi dan pembangunan yang luar biasa di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Justru dirinya menyatakan “welcome” dan dengan hati terbuka memberikan kesempatan kepada kader Pegunungan Bintang lainnya, untuk maju bertarung secara sehat dalam Pilkada Serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.

“Silahkan cari partai dan kita berkompetisi secara sehat guna menguji kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kemampuan manajemen pemerintahan untuk membawa Pegunungan Bintang maju dalam visi misinya. Oleh karena itu saya berharap semua masyarakat Bersatu padu menyukseskan Pilkada 27 November 2024. Semua pemimpin ada kekurangan dan kelebihannya,” Imbuh Spei Yan Birdana yang  kini menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Provinsi Papua Pegunungan ini.

Sebagai Pimpinan Partai Politik di tingkat Provinsi Pegunungan Bintang, Spei Yan Birdana termasuk sukses menorehkan hasil signifikan.

Betapa tidak, Spei Yan berhasil menorehkan hasil signifikan di Pileg 14 Frebuari 2024. Terdapat 8 orang Anggota DPRD Terpilih dari Partai Politik yang dipimpinnya itu. Khusunya Kabupaten Pegunungan Bintang. Bayangkan, dari non seet menjadi 8 orang yang berhasil terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang periode 2024-2029.

Adapun,perolehan kursi PDIP di era kepemimpinan Spei Yan Birdana sebagai Ketua DPD Pegunungan Bintang merupakan sebuah torehan sukses luar biasa.

Perlu diketahui, tujuan Spei Yan Birdana kembali maju sebagai petahana karena ingin mempersiapkan wilayah setempat semakin maju dan sejahtera. Sebab, Kabupaten Pegunungan Bintang merupakan daerah batas negara yang harus kerja keras agar pembangunan dan ekonomi rakyat setempat menjadi setara dengan di luar Papua. **  (Dominikus Lewuk).