Sekda Bengkulu Selatan Apresiasi Festival Makan Beantagh di Desa Batu Ampar

BENGKULU432 Dilihat

Bengkulu, Selatan, Kabardaerah.com,-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni Dunip SP M.Si hadir dan memberikan apresiasi dalam Festival Makan Beantagh di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang Sabtu, 11 Mei 2024.

Makan Beantagh adalah salah satu tradisi lama yang merupakan bagian dari budaya masyarakat Bengkulu Selatan yang saat ini sangat jarang dilakukan.

Makan Beantagh secara harfiah adalah makan bersama di panggung atau belabar yang dilakukan pada acara-acara adat ataupun pesta pernikahan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Makan Beantagh adalah bentuk jamuan kepada para tamu adat dan tamu undangan.

Hal inilah yang kembali diperkenalkan oleh Pemerintah dan masyarakat Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang yang menggelar Festival Makan Beantagh Sabtu, 11 Mei 2024.

Saat ini budaya makan beantagh sudah jarangnya dilakukan pada acara-acara resepsi pernikahan di Bengkulu Selatan.

Jamuan Makan Beantagh sudah tergantikan dengan hadirnya sajian prasmanan yang lebih praktis.

Sekda yang hadir pada pembukaan event ini sangat senang dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Batu Ampar.

Dikatakannya, bahwa kegiatan ini sangat bernilai positif mengingat bahwa adat Makan Beantagh sudah sangat jarang dilakukan oleh masyarakat Bengkulu Selatan.

Oleh sebab itu memperkenalkan kembali tradisi lama menjadi hal yang sangat baik untuk menjadi ajang promosi wisata budaya.

“Kami sangat apresiasi dan diharapkan Festival Makan Beantagh ini menjadi promosi wisata budaya, sekaligus memperkenalkan budaya semacam ini dapat memberikan pengetahuan baru terutama bagi kalangan milenial,” ungkap Sekda.

Selain itu Sekda juga berpesan kepada masyarakat desa se Kabupaten Bengkulu Selatan agar tetap melestarikan adat budaya Bengkulu Selatan.

Karena menurutnya adat budaya tersebut wajib dilestarikan sebagai identitas Daerah Bengkulu Selatan.

Terhadap pemerintah daerah hingga pemerintah desa pun wajib mendukung setiap kegiatan adat budaya daerah.

Ia memastikan kegiatan-kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi.

“Tetap lestarikan adat budaya kita selagi bernilai positif, kita wariskan ke anak cucu,” jelas Sekda.

Turut hadir pada Festival ini Ketua Tim Penggerak PKK Bengkulu Selatan Nurmalena Gusnan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Bengkulu Selatan Sesmi Sukarni, Pejabat Dinas Pariwisata, Camat Kedurang dan para tokoh-tokoh adat Kedurang.

Dikatakan Nurmalena, peran wanita dalam adat budaya daerah tidak kalah pentingnya.

Menurutnya, wanita harus ambil peran dalam setiap kegiatan pelestarian adat dan budaya.

Sebagai tim penggerak PKK Bengkulu Selatan Nurmalena berharap para anggota berperan penting dalam setiap kegiatan adat budaya masyarakat Bengkulu Selatan.

“Tentunya kami wanita ingin dilibatkan penuh dalam kegiatan adat budaya ini, kita harus ambil peran,” ucap Nurmalena.

Selain itu, festival ini juga diramaikan dengan stand-stand pameran kerajinan, dan sajian kuliner-kuliner khas Bengkulu Selatan.(KD)