Pemdes Babatan Ulu Melakukan Pelatihan peningkatan Kapasitas Dan Tupoksi Pemdes, Perangkat Desa/ BPD

TERBARU124 Dilihat

BENGKULU SELATAN-KabarDaerah.Com-Pelatihan peningkatan kapasitas dan tupoksi pemdes, perangkat desa/ bpd desa Babatan Ulu kecamatan Seginim, dihadiri kepala Desa Babatan Ulu Samsahadi, unsur anggota BPD dan perangkat Desa Babatan Ulu, pihak Kecamatan Seginim, DPMD Bengkulu Selatan.

Kegiatan pelatihan tersebut menghadirkan pelatih dari DPMD Kabupaten Bengkulu Selatan, Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD) dari Kecamatan Seginim, serta Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Bengkulu Selatan.

Perwakilan Dinas PMD Bengkulu Selatan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka memperkuat partisipasi masyarakat aktif dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan desa, BPD berperan dalam memperkuat kapasitasnya untuk mewakili warga, dalam hal partisipasi, kerjasama, pengawasan, kemampuan kreatif dan inovatif, serta kemampuan teknis membantu dan mengontrol penyelenggaraan pemerintahan desa.

Terkait Pemerintahan Desa, ada beberapa hal penting yang saat ini perlu mendapat perhatian kita semua yakni pemahaman pemerintahan desa yaitu aparatur desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terhadap Undang-Undang Desa dengan segala turunan regulasinya (Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri dan Peraturan Daerah).

Kemudian harmonisasi dan kolaborasi pilar di desa antara Pemerintah Desa, BPD dan perangkat desa masih belum optimal serta masih marak praktek-praktek penyelenggaraan pemerintahan desa yang belum sesuai aturan yang berlaku, oleh sebab itu kita meminta agar pemerintah desa Babatan Ulu dapat bekerjasama dengan baik antara Pemerintah Desa, BPD dan Perangkat desa.

Kepala Desa Babatan Ulu Samsahadi” Mendukung penuh acara peningkatan kapasitas dan tupoksi pemdes, perangkat desa/ bpd desa Babatan Ulu kecamatan Seginim, yang dilaksanakan mudah mudahan dengan adanya acara ini dilakukan kedepannya kemampuan serta hubungan antara pemerintah Desa, BPD dan Perangkat desa. (Dank zhu)