Pemkab Mukomuko Lakukan Gerakan Tanam Padi Gogo

BENGKULU438 Dilihat

Bengkulu, Kabardaerah.com,-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bersama dengan berbagai pihak terkait melakukan gerakan tanam padi gogo dalam rangka mendukung percepatan perluasan areal tanam padi darat di daerah ini.

“Gerakan tanam padi gogo ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Malin Deman,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas saat dihubungi dari Mukomuko, Jumat (14/06/2024).

Ia mengatakan, gerakan tanam padi gogo ini guna mendukung program pemerintah pusat dalam percepatan perluasan areal tanam padi khususnya di daerah ini.

Untuk melaksanakan program ini, mengatakan, pemerintah daerah tahun ini mendapatkan bantuan benih padi gogo untuk lahan persawahan seluas 216 hektare dari Dirjen Perbenihan Kementerian Pertanian RI.

Namun dari salon petani dan calon lokasi (CPCL) penanaman padi gogo di lahan seluas 216 hektare, yang baru ditanam di lahan persawahan seluas 40 hektar.

“Jumlah benih padi gogo yang diterima oleh pemerintah daerah setempat sebanyak 24 kilogram per hektar,” ujarnya.

Untuk sisa lahan petani yang mendapatkan bantuan tetapi belum ditanami benih padi gogo, ia mengatakan, pihaknya masih menunggu penyaluran benih padi gogo dari pemerintah pusat. 

Ia memastikan, semua lahan yang diusulkan mendapatkan bantuan benih padi gogo dari pemerintah pusat tetap akan ditanami benih padi gogo sesuai dengan target seluas 216 hektare.

Pemerintah memberikan bantuan benih padi gogo kepada petani di wilayah Kecamatan Malin Deman karena salah satunya di wilayah ini sudah tersedia lahan khusus untuk tanaman padi gogo.

Sementara itu, gerakan tanam padi gogo di wilayah Kecamatan Malin Deman, dihadiri oleh Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, Dandim 0428/Mukomuko, Kapolsek Ipuh, Danramil dan babinsa, serta camat dan kades Kecamatan Malin Deman. (KD)