Merayakan Hari Idul Adha, Ini Rincian Hewan Kurban Dari Polda Bengkulu Tahun 2024

BENGKULU278 Dilihat

Bengkulu, Kabardaerah.com,-Polda Bengkulu merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dengan penuh semangat berbagi.

Itu ditandai dengan penyembelihan hewan kurban berupa 28 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

Total hewan yang dikurbankan di Polda Bengkulu tahun 2024 sebanyak 35 ekor hewan.

Acara ini berlangsung di Mapolda Bengkulu. Acara ini dihadiri oleh jajaran kepolisian, pejabat daerah, serta masyarakat setempat.

Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Armed Wijaya, melalui Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Anuardi dan didampingi Karo SDM Polda Bengkulu Muhtarom, S.Sos, M.Hum, menyampaikan rasa syukurnya atas peningkatan jumlah hewan kurban dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Alhamdulillah, jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Kombes Anuardi, usai shalat Idul Adha di Lapangan Apel Mapolda Bengkulu, Senin, 17 Juni 2024 pagi.

Suasana shalat Idul Adha di Mapolda Bengkulu berlangsung khidmat dan diikuti oleh Kapolda, keluarga besarnya, serta jajaran kepolisian. 

Shalat Idul Adha ini dipimpin oleh Syukron Jayadi, M.Hi dari Kementerian Agama, dan diikuti oleh jamaah dari Taman Pengajian Al-Quran serta Pondok Pesantren Hidayatullah  Kota Bengkulu, selain itu, warga sekitar.

Kombes Anuardi menjelaskan, hewan kurban yang disembelih tahun ini berasal dari berbagai sumber, termasuk Kapolda, Wakapolda, jajaran di Polda Bengkulu, serta sumbangan dari Pj Walikota Bengkulu, Pemda Bengkulu Utara, REI Bengkulu, dan Pelindo Bengkulu. 

“Dari 28 ekor sapi tersebut, diantaranya kami salurkan ke Taman Pengajian Al-Quran sebanyak 1 ekor dan Pondok Pesantren Hidayatullah juga 1 ekor. Selebihnya disembelih di Mapolda Bengkulu,” ungkapnya.

Karo SDM Muhtarom menambahkan bahwa dari 28 ekor sapi tersebut, terdapat dua ekor sapi jenis Limosin dengan bobot masing-masing sekitar 800 kg yang merupakan korban dari Kapolda dan Wakapolda Bengkulu.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan secara tertib oleh pegawai dan staf di Polda Bengkulu, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Berikut adalah rincian penyumbang hewan kurban di Polda Bengkulu tahun 2024.

Kapolda: 1 ekor sapi

Wakapolda: 1 ekor sapi

Biro SDM: 4 ekor sapi, 2 ekor kambing

Direktorat Lalu Lintas: 1 ekor sapi

Direktorat Reskrimum: 1 ekor sapi

Direktorat Reskrimsus: 5 ekor sapi

Direktorat Intelkam: 1 ekor sapi

Direktorat Narkoba: 1 ekor sapi

Bid Propam: 1 ekor sapi

Dir Binmas: 1 ekor sapi

Pelindo: 1 ekor sapi

Pj Walikota: 1 ekor sapi

Pemda Bengkulu Utara: 1 ekor sapi

Dittahti: 2 ekor kambing

Brimob: 6 ekor sapi (disembelih di Mako Brimob)

Dit Polair: 1 ekor sapi (disembelih di Mako Polair)

REI Bengkulu: 1 ekor sapi

AKBP Muhammad Faisal: 1 ekor kambing

AKBP Idha Panjaitan: 2 ekor kambing (Dit Tahti)

Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Armed Wijaya, mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah wujud dari perintah agama untuk berbagi dengan sesama.

“Kegiatan pemotongan ini tentunya tiap tahun dilaksanakan oleh keluarga besar Polda Bengkulu. Hewan kurban tersebut didapatkan dari sumbangan keluarga besar yang sudah berniat untuk berkurban,” kata Armed Wijaya.

Setelah disembelih, daging hewan kurban dibagi rata dalam kantong-kantong dan didistribusikan kepada keluarga besar Polda Bengkulu, warga sekitar, dan panti asuhan.

Pembagian daging dilakukan dengan penuh tanggung jawab oleh pegawai Polda Bengkulu, yang secara langsung mengantarkan daging ke panti asuhan dan rumah-rumah warga yang membutuhkan.

“Berkurban adalah bentuk kepedulian dan empati keluarga besar Polda Bengkulu kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami berharap, kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan memberikan manfaat bagi semua pihak,” tutur Kapolda Bengkulu.

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban di Polda Bengkulu diharapkan dapat terus menjadi tradisi yang membawa kebaikan dan manfaat bagi masyarakat. (RedBkl)