Pemprov Bengkulu: Tanamkan Nilai Agama Bangun Karakter Masyarakat

BENGKULU412 Dilihat

Bengkulu, Kabardaerah.com,-Penanaman nilai agama merupakan salah satu poin utama dalam upaya membangun kualitas dan karakter manusia di Provinsi Bengkulu.

Hal ini ditegaskan oleh Asisten I Pemprov Bengkulu, Chairil Anwar, dalam sambutannya saat mewakili Gubernur Bengkulu pada momentum Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Raya Baitul Izzah,  Kota Bengkulu, Senin (17/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Khairil Anwar menyampaikan bahwa setiap individu harus aktif menumbuhkan sikap dan nilai positif dalam diri mereka.

“Melalui ibadah qurban kita tumbuhkan jiwa kepedulian dan kedermawanan menuju pribadi paripurna. Peringatan Hari Raya Idul Adha mengajak kita semua untuk senantiasa bercermin atas apa yang telah kita lakukan. Pada momen ini kita harus memupuk kesabaran, keikhlasan, dan rela berkorban,” ujar Khairil.

Khairil menekankan bahwa kebersamaan dan solidaritas sosial merupakan modal utama dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan.

Peringatan Hari Raya Idul Adha ini menurutnya, hendaknya meneguhkan sikap kita untuk terus berupaya menyempurnakan jati diri sebagai manusia yang harus menjaga hubungan vertikal kepada Allah SWT serta hubungan horizontal dengan sesama manusia. Sekaligus, menjaga kelestarian alam dan ekosistem semesta.

Lebih lanjut ia berharap bahwa Hari Raya Idul Adha ini dapat mengilhami semua untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berkualitas dan berkarakter, demi mewujudkan pembangunan masyarakat dan Provinsi Bengkulu yang lebih maju, hebat, dan sejahtera.

 “Diharapkan Hari Raya Idul Adha ini dapat mengilhami kita semua untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berkualitas dan berkarakter untuk mewujudkan pembangunan masyarakat dan Provinsi Bengkulu yang maju, hebat, dan sejahtera,” tegasnya.

Pada perayaan Idul Adha tahun ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu menyalurkan hewan kurban sebanyak 10 ekor sapi kepada masyarakat.

Salah satu sapi tersebut diserahkan ke Masjid Raya Baitul Izzah. Sementara sisanya didistribusikan ke panti asuhan dan kaum dhuafa yang tersebar di wilayah Provinsi Bengkulu.

Langkah ini diambil sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang membutuhkan. Sekaligus untuk memperkuat nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas di kalangan masyarakat.

Prosesi penyerahan hewan kurban di Masjid Raya Baitul Izzah berlangsung khidmat dan dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat. 

Khairil Anwar menyampaikan bahwa penyaluran hewan kurban ini merupakan salah satu wujud nyata dari upaya pemerintah dalam mendekatkan diri kepada masyarakat serta meringankan beban mereka yang kurang mampu. “Dengan penyaluran hewan kurban ini, kami berharap dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan dan memperkuat rasa kebersamaan diantara kita semua.” 

Momentum Idul Adha kali ini juga dimanfaatkan untuk mengajak seluruh masyarakat Bengkulu agar selalu menjaga dan memperkuat hubungan baik antar sesama serta meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. 

Khairil Anwar menekankan bahwa pengorbanan yang dilakukan dalam rangka Idul Adha bukan hanya sekedar menyembelih hewan kurban, tetapi juga sebagai simbol dari pengorbanan diri untuk kepentingan yang lebih besar.

“Pengorbanan yang kita lakukan hari ini bukan hanya sekedar ritual, tetapi harus kita maknai sebagai simbol dari pengorbanan diri kita untuk kepentingan yang lebih besar, demi kebaikan bersama. Marilah kita jadikan momen ini untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan kepedulian sosial kita,” tuturnya.

Dengan semangat Idul Adha, Pemerintah Provinsi Bengkulu berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat terus bekerja sama dan bergotong royong dalam menghadapi tantangan yang ada. Serta, berkontribusi dalam pembangunan daerah. 

Khairil Anwar menutup sambutannya dengan harapan agar Bengkulu dapat terus maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

“Marilah kita bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan daerah kita tercinta ini, sehingga Bengkulu dapat terus maju dan masyarakatnya semakin sejahtera,” pungkasnya. (Redbkl)