Siap Bertarung Pilgub 2024, Pasangan Dempo Xler dan Ahmad Kanedi Lolos Verifikasi Administrasi di KPU Provinsi Bengkulu

BENGKULU205 Dilihat

Bengkulu, Kabardaerah.com,-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mengumumkan hasil verifikasi administrasi Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2024, Dempo Xler dan Ahmad Kanedi (Bang Ken).

Proses verifikasi administrasi yang dilakukan KPU Provinsi Bengkulu ini meliputi pemeriksaan dokumen-dokumen persyaratan seperti KTP pendukung, dan berbagai berkas pendukung lainnya.

Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Sarjan Effendi mengatakan proses verifikasi administrasi merupakan tahap awal yang krusial dalam memastikan bahwa calon telah memenuhi syarat administratif yang ditetapkan.

“Kami telah melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas dukungan yang diserahkan oleh pasangan Dempo dan Ahmad Kanedi. Hasilnya, mereka telah memenuhi syarat minimal dukungan, selanjutnya verifikasi faktual,” kata Sarjan, Selasa (18/06/2024).

Dalam tahapan verifikasi, KPU menggunakan metode sampling untuk memeriksa keaslian dukungan. Setiap calon independen diharuskan mengumpulkan minimal 8,5% dukungan dari total jumlah pemilih yang tersebar di lebih dari 50% jumlah kabupaten/kota.

Lebih lanjut, Sarjan menjelaskan setelah verifikasi administrasi ini, KPU Provinsi Bengkulu akan melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi langsung para pendukung. Proses ini bertujuan untuk memastikan dukungan yang diberikan memang valid dan benar.

“Kami akan segera memulai proses verifikasi faktual. Petugas kami akan turun ke lapangan untuk mengecek langsung keabsahan dukungan. Kami berharap proses ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” tambah Sarjan.

Terpisah, Liaison Officer (LO) Bang Dempo-Bang Ken (Beken) Miftahul Jazim menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat.

“Melalui proses panjang ini, Alhamdulillah untuk tahap verifikasi administrasi dukungan dinyatakan lolos. Total dukungan memenuhi syarat sebanyak 166.699 dukungan. Kita harap semua proses berjalan lancar ke tahap verifikasi faktual,” kata Miftahul.

Lebih lanjut, Miftahul menegaskan bahwa pasangan Dempo Xler dan Ahmad Kanedi tetap berkomitmen untuk maju dalam Pilgub Bengkulu dan ia tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mempercayai dengan cara mendukung.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pendukung yang telah memberikan kepercayaannya kepada kami. Proses ini belum selesai, dan kita akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa semua tahapan dapat dilalui dengan baik,” tutupnya. (Red bkl)