Anggaran Naik 20 Persen, Tapi Penyelenggaraan Ibadah Haji di 2024 Belum Optimal

BERITA, D.K.I JAKARTA425 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM
Fasilitas transportasi, konsumsi hingga tenda Jemaah Haji selama di Arafah dan Mina masih kurang. Padahal, kuota jemaah haji tahun ini bertambah 20 ribu dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanul Haq saat menjadi pembicara dalam diskusi Dialetika Demokrasi di Ruang Pusat Penyiaran dan Informasi Publik Gedung Nusantara I Komplek DPR, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

“Pelaksanaan ibadah haji tahun ini menyimpan beberapa catatan yang terjadi setiap tahunnya, mulai dari pelanggaran visa hingga kurangnya fasilitas jemaah haji ditanah suci,” kata Maman.

Menurut dia, penambahan kuota haji sebanyak 20.000 tidak boleh dipermainkan oleh pihak tertentu. Ia mengingatkan jangan sampai Kemenag punya kepentingan sendiri untuk memberikan tambahan kuota haji.

“Jangan sampai ada permainan kuota haji yang nantinya akan berdampak buruk pada kuota jemaah haji reguler,” tutur Maman.

Di sisi lain, Maman menyampaikan penyediaan hotel dan konsumsi bagi jemaah belum memenuhi standar yang diinginkan.

“Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat menjadi catatan perbaikan untuk penyelenggaraan haji tahun-tahun berikutnya agar setiap masalahan yang ada dapat terus diatasi,” kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini. * DL.