Dukungan Dempo – Bang Ken Terus Mengalir, Ribuan Warga Seluma Antusias Sambut Kedatangan Bakal Calon Gubernur Bengkulu

BENGKULU100 Dilihat

Seluma, Kabardaerah.com,-Ribuan warga Kabupaten Seluma menyambut antusias kehadiran bakal calon Gubernur Bengkulu jalur independen, Dempo Xler, dalam acara sosialisasi partisipasi masyarakat terhadap pemilihan kepala daerah 2024 mendatang. Pertemuan yang diselenggarakan di Desa Dusun Tengah, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, pada Rabu (26/06/2024).

Pertemuan itu, menjadi ajang bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai masukan, saran, dan permintaan mereka kepada calon Gubernur Bengkulu Dempo Xler yang berpasangan dengan Wakil Gubernur Bengkulu Ahmad Kanedi (Bang Ken) itu, diharapkan dapat membawa perubahan signifikan bagi Provinsi Bengkulu.

Salah satu warga Desa Dusun Tengah Nunmuri menyampaikan harapan besar kepada Dempo Xler, yang mencalonkan diri sebagai gubernur tanpa dukungan partai politik.

“Dengan adanya calon independen untuk calon gubernur, ini merupakan catatan sejarah untuk membongkar stigma bahwa selama ini anak desa tidak bisa maju sebagai gubernur,” ungkap Nunmuri.

Ia menambahkan selama ini, masyarakat berpikir bahwa seorang gubernur harus berasal dari kalangan masyarakat ekonomi atas dan memiliki hubungan keluarga dengan pejabat atau ketua partai politik.
Majunya Dempo Xler, yang berasal dari Desa Gajah Mati Kabupaten Bengkulu Tengah dan keluarga petani itu, membuat anak-anak desa di Bengkulu mendapatkan semangat dan percaya diri untuk bermimpi lebih tinggi.

“Kami berharap Bang Dempo dapat membuktikan bahwa anak desa juga bisa menjadi gubernur,” tuturnya.

Numuri menghimbau masyarakat untuk memilih calon gubernur yang tidak melalui partai politik.

“Pilihlah calon yang independen seperti Bang Dempo Xler dan Bang Ken” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, warga juga meminta komitmen dari Dempo Xler dan Ahmad Kanedi, calon wakil gubernur yang mendampinginya, untuk membangun Bengkulu, dimulai dari infrastruktur di desa. Warga mengeluhkan bahwa jalan di Kabupaten Seluma masih banyak yang belum tersentuh perbaikan oleh pemerintah.

Selain jalan, warga juga menyampaikan keluhan terkait bendungan irigasi dan jembatan yang minim perbaikan. Jembatan tersebut sangat penting bagi masyarakat sebagai jalur menuju sawah dan perkebunan, sedangkan rusaknya irigasi mengakibatkan panen padi masyarakat tidak maksimal.

“Jika bendungan diperbaiki, masyarakat bisa tanam padi dua kali dalam satu tahun. Namun, karena rusaknya bendungan irigasi, masyarakat hanya bisa panen padi sekali,” terang Tokoh masyarakat Kabupaten Seluma Wilson.

Wilson menyampaikan harapannya agar Dempo-Bang Ken dapat membuka lapangan pekerjaan di desa. Ia menyoroti masalah migrasi anak muda ke kota untuk mencari pekerjaan karena minimnya lapangan pekerjaan di desa. Selain itu, Wilson juga meminta peningkatan gaji bagi tenaga medis di desa-desa.

“Saat ini, tenaga medis di desa masih banyak yang menerima gaji di bawah standar. Kami berharap ada peningkatan agar pelayanan kesehatan di desa bisa lebih baik,” ujar Wilson.

Sementara itu, bakal calon Gubernur Bengkulu Dempo Xler menegaskan komitmennya untuk membangun desa-desa di Bengkulu.

“Program Dempo dan Bang Ken adalah usulan masyarakat, dan program inilah yang nantinya akan dikerjakan selama menjabat menjadi Gubernur Bengkulu,” terang Dempo.

Menurut Dempo, bahwa tugas pemerintah adalah membangun setiap desa agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Maka tidak selayaknya masyarakat minta pembangunan kepada pemerintah karena pembangunan itu merupakan tugas yang memang diamanahkan kepada pemimpin.

“Saya pastikan masyarakat tidak akan lagi membuat proposal untuk meminta desanya di bangun, karena kami berkomitmen untuk menjalankan tugas membangun provinsi Bengkulu sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh masyarakat,” tegasnya.

Pemuda kelahiran 1 April 1986 itu, mengatakan, sudah seharusnya Gubernur memberikan kesejahteraan kepada masyarakat karena APBD memang itu peruntukan untuk mensejahterakan masyarakat.

“Masyarakat harus tahu bahwa APBD yang merupakan hasil dari pajak kita semua (Masyarakat) sudah memang peruntukannya untuk masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dempo mengatakan salah satu program prioritasnya adalah perbaikan infrastruktur desa, termasuk jalan, jembatan, dan irigasi. Ia berjanji akan memastikan semua desa di Bengkulu mendapatkan akses infrastruktur yang memadai.

“Kami akan fokus pada pembangunan infrastruktur desa agar perekonomian masyarakat bisa berkembang,” tutup Dempo. (redbkl)