Simak! Jadwal Misa Kudus di Basilika Santo Petrus Vatikan

INTERNASIONAL168 Dilihat

VATIKAN,ROMA,KABARDAERAH.COM-Bisa berziarah rohani ke Vatikan tentu menjadi dambaan dan impian setiap orang Katolik. Di Vatikan peziarah dari seluruh dunia dapat mengikuti audiensi umum bersama Paus Fransiskus, yang menjangkau umatnya secara langsung,

Peziarah juga dapat mengikuti Angelus hari Minggu yang didaraskan dari balkonnya di Istana Kepausan, atau melambaikan tangan bersama ribuan umat beriman dari gereja universal yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus atau Basilika Santo Petrus, dan masih banyak lagi liturgi dan acara hari raya khusus yang membentuk siklus dan musim Gereja yang tak berujung.

Peziarah juga dapat mengikuti Misa bersama Paus Fransiskus dan mendengarkan homilinya yang jujur dan kebapakan.

Selain mengikuti audiensi umum dan Angelus, serta Misa Kudus, peziarah juga berkesempatan mengagumi Basilika Santo Petrus, yang merupakan salah satu gereja terbesar dan paling terkenal di dunia, juga Museum Vatikan, yang menyimpan banyak koleksi seni dan artefak bersejarah, termasuk Kapel Sistina dengan langit-langitnya yang terkenal dilukis oleh Michelangelo.

Terkait Misa bersama Paus Fransiskus, Pastor Markus Solo Kewuta SVD memberikan catatan. Menurut satu-satunya pejabat Vatikan asal Indonesia ini, Paus tidak merayakan Misa setiap hari biasa atau setiap hari Minggu atau hari raya di dalam Basilika Santo Petrus Vatikan.

“Beliau hanya memimpin Misa di dalam Basilika Vatikan atau di Lapangan Santo Petrus atau di tempat mana saja di Roma kalau itu sudah diumumkan melalui Kalender Vatikan,” tutur Padre Marco, sapaan akrab Pastor Markus Solo Kewuta SVD lewat pesan WhatsApp, Minggu (30/6/2024).

Nah, untuk mengecek aktivitas publik Paus, peziarah bisa membuka link ini dan klik CALENDAR atau CALENDARIO. Setelah itu bisa buka event atau aktivitas itu untuk mendapat detailnya: https://www.vatican.va/content/vatican/en.html

Berikut jadwal
MISA HARIAN

Pukul 07.00 Misa Kudus di Altar St. Yoseph
Pukul 07.30 Misa Kudus di Altar St. Yoseph
Pukul 08.30 Misa Kudus di Kapel SS. Sakramen (diikuti Adorasi Ekaristi sampai pukul 18.45)
Pukul 09.00 Misa Kudus di Altar St. Yoseph
Pukul 10.00 Misa Kudus di Altar St. Yoseph
Pukul 11.00 Misa Kudus Altar Cattedra (di belakang Altar utama Basilika Vatikan)
Pukul 12.00 Misa Kudus Altar Cattedra
Pukul 17.00 Misa Kudus Altar Cattedra
Pukul 18.00 Misa Kudus Altar Cattedra

HARI MINGGU DAN HARI RAYA

Pukul 07.00 Misa Kudus di Altar St. Yoseph
Pukul 08.00 Misa Kudus di Altar St. Yoseph
Pukul 09.00 Misa Kudus Altar Cattedra
Pukul 10.30 Misa Utama di Altar Cattedra
Pukul 12.30 Misa Kudus Altar Cattedra
Pukul 16.00 Misa Kudus Altar Cattedra
Pukul 18.00 Misa Kudus Altar Cattedra

“Perlu diingat bahwa ntrian masuk biasanya butuh lebih dari 1 jam. Kalau Misa bersama dengan Paus, antrian bisa lebih dari 2 jam,” kata Padre Marco. (*)