Dinas Pemuda Dan Olahraga Gelar Diklat Peserta Paskibraka

TERBARU53 Dilihat

TIDORE,kabardaerah.com- Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepulauan bersiap melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Diklat Paskibraka) tingkat Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan Diklat yang diikuti oleh 33 putra-putri terbaik di Kota Tidore Kepulauan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota, Muhammad Senin bertempat di Aula Handayani Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan.

Dalam sambutannya, Muhammad Senin mengatakan Calon Paskibraka merupakan orang terpilih yang diberikan kehormatan serta kebanggaan untuk mengibarkan bendera merah putih dari sekian banyak pelajar tingkat SMA sederajat di Kota Tidore Kepulauan. Tentunya merupakan sebuah kehormatan, karena mendapatkan kepercayaan untuk ikut serta dalam pendidikan dan pelatihan dalam mengemban tugas mulia pada hari bersejarah tanggal 17 Agustus mendatang.

“Oleh karena itu, laksanakan kepercayaan, kehormatan dan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan momentum diklat paskibra sebagai tonggak penting, tonggak bersejarah dalam melangkah ke depan, mempersiapkan diri untuk menjadi putera-puteri terbaik daerah yang memiliki akhlak dan budi pekerti, cerdas, berpengetahuan, memiliki semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk negara”. Katanya

Para peserta Calon Paskibraka ini seluruhnya berasal dari sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) se Kota Tidore Kepulauan. Sebelum mengikuti kegiatan pembukaan Diklat paskibraka, para Calon Paskibraka ini telah memperoleh bimbingan pelatihan dari para pelatih yang terdiri dari unsur TNI-Polri bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tidore Kepulauan selama tiga hari.

Setelah mengikuti pembukaan Diklat para peserta akan mengikuti kegiatan pelatihan ini sampai 18 Agustus mendatang atau sampai selesainya tugas pengibaran Bendera Merah Putih pada Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Selain membuka Diklat Paskibraka, Kota Tidore Kepulauan juga melepas lima orang Calon Paskibraka Tingkat Provinsi Maluku Utara. Peserta yang dilepas masing-masing, Jamaludin, M. Hafiz Ismail, Ilzam Fahdail, Fadhillah Hilyatuzzahrah dan Eka Maghfirah S. Toduho.

Usai Pembukaan Diklat, sebagai penanda masuknya peserta Diklat, para pelatih bersama Dispora juga menggelar Upacara Tantingan, yang tujuannya untuk menguji tekad para peserta dalam memasuki Diklat. Upacara Tantingan ini dipimpin langsung oleh Kadispora, Ali Dukomalamo, S.Pd.

Dalam arahannya Ali mempersilahkan kepada para peserta untuk mempertimbangkan kembali keputusannya untuk mengikuti Diklat. Apabila masih ada perasaan ragu maka para peserta dipersilahkan meninggalkan Arena Diklat, namun bila hal itu sudah menjadi keyakinan maka peserta boleh melanjutkan kegiatan yang secara simbolis dilakukan dengan mencium bendera merah putih.

Selama masa Diklat dilaksanakan, para Calon paskibraka dilatih oleh 2 pelatih TNI, 2 pelatih Polri dan 5 pelatih dari PPI Kota Tidore Kepulauan. Peserta juga akan digembleng dengan pelatihan khusus, selain materi PBB, mereka juga akan ditanamkan materi cinta tanah air, kepemimpinan, dan nasionalisme Indonesia sampai mereka siap melaksanakan tugas pengibaran Bendera Merah-Putih pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017.(HD)

Tinggalkan Balasan