Rumah Milik Penderita Gangguan Jiwa Ini, Akhirnya Di Rehab

BERITA UTAMA, TERBARU134 Dilihat

Aceh | Kabardaerah.com – Masih ingat dengan Ainsyah (45) warga Dusun Blang Asan, Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, yang tinggal seorang diri dalam kemiskinan dan juga mengidap gangguan jiwa.

Berita Terkait : Gangguan Jiwa Selama 12 Tahun Ti Ainsyah Hidup Seorang Diri Di Gubuk Reot

Kini istananya yang kumuh itu, telah mendapat penanganan dari Muspika Cot Girek, bekerja sama dengan para pemuda yang tergabung dalam Ikatan Masyarakat Aceh Membangun (IMAM) dan Partai Aceh Kecamatan Cot Girek pada Selasa (27/2/2018).

Ketua IMAM, Safrijal, mengatakan bedah rumah dalam bentuk rehab dilakukan agar nantinya Ainsyah dapat tinggal dengan layak di rumah yang ia miliki itu, untuk saat ini Ainsyah tinggal di kediaman abang kandungnya, Ismail, di Desa Jok, Kecamatan Lhoksukon, pasca menjalani perawatan intensif di RSUD Cut Meutia Buket Rata Lhokseumawe.

“Kondisinya mulai membaik, tapi Ainsyah harus dirawat jalan juga. Hari ini kita bersinergi dengan Muspika Cot Girek, Puskesmas Batu 12/Cot Girek dan Partai Aceh juga warga setempat untuk bahu membahu merehab rumah Ainsyah yang sebelumnya kondisinya sangat memprihatinkan,” ujar Safrijal.

Sementara itu Ketua Partai Aceh Kecamatan Cot Girek, Nasrizal atau Cek Bay, mengatakan pihaknya sangat mendukung atas program Muspika dan IMAM yang telah merehab rumah Ainsyah. Dari Partai Aceh sendiri kata Cek Bay, pihaknya turut membantu beberapa peralatan rumah tangga seperti tempat tidur dan sejumlah material bangunan.

“Alhamdulilah hari ini Partai Aceh Cot Girek bahu membahu bersinergi dengan Muspika, dan IMAM untuk mendirikan rumah yang layak bagi Ainsyah meski dalam bentuk rehab. Kami sangat mendukung bhakti sosial semacam ini,” ujar Cek Bay.

Dalam hal ini abang kandung Ainsyah, Ismail (45), menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terdiri dari Muspika Cot Girek, IMAM dan Partai Aceh Cot Girek, termasuk Puskesmas Batu 12/Cot Girek yang telah memberikan pelayanan kesehatan melalui RSUD Cut Meutia.

“Tidak ada kata lain selain ucapan terimakasih saya kepada Muspika Cot Girek, rekan-rekan IMAM dan Partai Aceh Kecamatan Cot Girek serta Puskesmas Batu 12/Cot Girek yang telah bahu membahu membantu adik saya, Ainsyah, mulai dari pelayanan kesehatan hingga merehab rumah menjadi layak untuk ditempati,” ucap Ismail.

Ditambahkan, usai menjalani perawatan di RSUD Cut Meutia Buket Rata, Ismail mengaku bahwa kondisi Ainsyah mulai membaik.

“Kondisinya mulai membaik, sekarang berpakaian pun dia sudah tahu. Sementara dia tinggal dirumah saya, dan insyaallah akan kembali kerumahnya sendiri, intinya kita lihat kondisinya,” tukas Ismail.