Penerimaan ASN Baru Menutupi Sepuluh Persen Kekurangan Guru

LIPUTAN KHUSUS83 Dilihat

SUMBAR.KABARDAEARAH.COM- Kabupaten Agam masih kekurangan 1.656 untuk SD untuk mencapai jumlah tenaga ideal dalam pendidikan sekolah dasar. Pengangkatan CPNS kemarin baru menutupi lebih kurang sepuluh persen dari kekurangan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam,  Isra, Senin (25/2) mengatakan, secara keseluruhan tenaga guru masih kurang. Oleh sebab itu kebutuhan guru CPNS masih cukup banyak.

Menurutnya, hingga saat ini banyak sekolah yang ada di Agam masih mempekerjakan tenaga guru honorer yang didanai dari dana BOS sekolah. Meski kekosongan formasi PNS di lingkungan Pemkab Agam telah terisi, namun hal itu belum memenuhi kebutuhan.

“Kita masih banyak kekurangan tenaga guru. Hari ini sudah ada 160 CPNS yang diangkat, akan tetapi itu baru mencukupi 10 persen dari kebutuhan guru,” katanya.

Ia menjelaskan, jumlah kekurangan belum lagi ditambah dengan guru mata pelajaran untuk SMP.  Berkaitan dengan pengangkatan 160 CPNS formasi tenaga guru, Isra mengatakan pihaknya akan membantu pengurusan administrasi.

” CPNS yang sudah menerima SK kemarin mereka langsung bertugas. Kita sudah keluarkan surat penyataan melaksanakan tugas. Kami juga telah mengarahkan tentang kewajiban menjadi seorang guru,” jelasnya.

Sebelumnya kemarin, Bupati Agam Indra Catri menyerahkan SK pengangkatan 251 CPNS formasi tahun 2018, di aula Bappeda Agam di Lubukbasung. Dari jumlah 251 itu terdiri dari 160 tenaga guru, 75 tenaga medis dan 16 tenaga teknis pembangunan infrastruktur. ***

(Gunawan/rel)