Peringati Bencana Tsunami, Sejumlah Delegasi Militer Internasional Kunjungi Aceh

LIPUTAN KHUSUS328 Dilihat

ACEH.KABARDAERAH.COM- Menjelang 14 tahun perdamaian dan jelang 15 tahun bencana Tsunami Aceh, sebanyak 57 warga negara asing tergabung dalam rombongan atase militer dari 21 negara, mengunjungi Aceh. Mereka diterima Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, di Pendapa Gubernur, Selasa (6/8/2019).

Negara-negara asal atase itu aktif membantu Aceh memperkuat perdamaian, maupun terlibat dalam rehabilitasi pascatsunami. Para atase militer di antaranya berasal dari Amerika Serikat, Jerman, Rusia, Perancis, Spanyol, Brazil, Australia, Jepang, Korea Selatan, Srilanka, Malaysia, Singapura, dan Papua Nugini.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengajak para Atase Militer dari seluruh dunia untuk mempromosikan Aceh ke negara tempat mereka berasal. Pembangunan Aceh, kata Nova, merupakan pembangunan yang dilakukan bersama dan melibatkan banyak negara. “Prestasi Aceh adalah bagian dari prestasi dunia. Bapak dan ibu mememiliki rekam jejak dalam pembangunan kembali Aceh,” kata Nova di depan para atase militer.

“Aceh adalah ‘bayi’ anda yang kini telah menginjak remaja. Kami mengajak Bapak dan Ibu semua untuk tetap mendukung Aceh,” kata Nova.
Plt Gubernur Aceh itu mengatakan, keberhasilan rakyat Aceh dalam menyelesaikan konflik dan menjalani proses rehabilitasi dan rekonstruksi tidak terlepas dari solidaritas internasional.

Proses perdamaian Aceh serta Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh pasca gempabumi dan tsunami didukung oleh kedermawanan internasional. “Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada dunia. ***

(ajn/yanguji)