Dalam Hitungan Bulan Ratona Motor Sport Sumbang Rp250 Juta PDA, Kepala Bapenda Harap Lebih Banyak Event

DAERAH377 Dilihat

Realita kabardaerah,PALOPO Diresmikannya Sirkuit Ratona Motor Sport (RMS) Palopo pada bulan Juli 2023 telah membawa dampak yang signifikan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Terbukti dari pemasukan yang diperoleh dari lima event road race yang diselenggarakan di RMS, mencapai total Rp 250 juta.

Event-event tersebut antara lain Sulawesi Cup Race seri empat dan lima, Honda Dream Cup, Chalolo Night Race kejurda seri dua, serta Sulawesi Cup Race seri final yang bergengsi.

Setiap penyelenggara event membayar biaya sewa kepada Pemerintah Kota Palopo sebesar 25 juta per event, ditambah dengan 10 persen dari pendapatan karcis penonton, yang kemudian menjadi tambahan PAD.

Selain dari retribusi sewa sirkuit, Bapenda Kota Palopo juga mengelola pajak hiburan, pajak kebersihan di luar area arena, dan pajak reklame.

RMS menjadi penyumbang terbesar pajak hiburan di kota Palopo.

Kepala Bapenda Kota Palopo, Andi Agus Mandasini, mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan informasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) bahwa akan ada 3 atau 4 event dengan skala nasional, di samping event-event lokal, yang akan diselenggarakan di RMS.

Beliau berharap event-event tersebut akan memberikan kontribusi signifikan terhadap PAD di Kota Palopo.

Agus berharap agar lebih banyak event, baik skala nasional maupun lokal, dapat diadakan di kota Palopo.

“Kami berharap masyarakat yang memiliki minat di bidang otomotif road race dapat memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah,”ujar Agus 6 Desember 2023.

Agus juga menyebutkan bahwa dari peresmian hingga akhir event Sulawesi Cup Race seri final, pemasukan pajak dan retribusi dari RMS cukup besar.

“Event-event berskala nasional, seperti Sulawesi Cup Race Seri Final, menjadi penyumbang PAD tertinggi untuk Kota Palopo,” tandasnya.