PKK Desa Merbung Raih Gelar Juara Duta Keluarga, Gayatriwara Dominasi Piala

TERBARU549 Dilihat

KLATEN, KABARDAERAH.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Merbung berhasil meraih juara dalam Lomba Duta Keluarga 2023 yang berlangsung di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten pada Kamis malam (7/12/2023). Sementara itu, Gayatriwara DPRD Klaten berhasil meraih sejumlah penghargaan dalam ajang tersebut.

Lomba Duta Keluarga, yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Dan Keluarga Berencana (DISSOSP3APPKB) Klaten, bertujuan untuk mengidentifikasi perempuan pelopor dalam mengimplementasikan 8 fungsi keluarga. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DISSOSP3APPKB Klaten, Purwani, menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023.

Purwani menambahkan, “Ajang ini memberikan apresiasi, media, dan keteladanan bagi perempuan dalam mewujudkan ‘Hasta Dharma Kulawangsa’ serta peran perempuan dalam politik, hukum, ekonomi, dan sosial budaya, untuk mendorong kebaikan sehingga pencapaian pembangunan manusia dapat cepat tercapai.”

Lomba diikuti oleh perwakilan organisasi wanita di Kabupaten Klaten, dimulai pada awal November 2023 dengan tiga tahap penjurian hingga mencapai 10 finalis.

“Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, yang hadir dalam malam final lomba, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kompetisi ini. Ia berharap peserta dapat menjadi inspirasi bagi wanita lainnya dalam mewujudkan 8 fungsi keluarga,” ungkapnya.

Pemenang Lomba Duta Keluarga 2023:

– Gender Champion Lusianta Agustina (Gayatriwara)
– Juara I Kristina Retno Wulan (PKK Desa Merbung)
– Juara II Dewi Gunawati (Ikatan Adhyaksa Dharmakarini)
– Juara III Ensap Sri Mulat (Aisyiyah)

Juara Kategori:

– Perempuan Siap Kepemimpinan Lusianta Agustina (Gayatriwara)
– Perempuan Siap Pintar Lusianta Agustina (Gayatriwara)
– Perempuan Siap Hukum Aprilia Dyah Ayu (Ikatan Wanita BRI)
– Perempuan Siap Sehat Wiwin Rohmawati (Ikatan Bidan Indonesia)
– Perempuan Siap Sosial Budaya Kristina Retno Wulan (PKK Desa Merbung)
– Perempuan Siap Lestari Dewi Gunawati (Ikatan Adhyaksa Dharmakarini). (irwn am)