Penutupan POPDA Oleh Asisten I, Kota Bengkulu Raih Juara Umum POPDA 2024 

BENGKULU474 Dilihat

Penutupan POPDA Oleh Asisten I, Kota Bengkulu Raih Juara Umum POPDA 2024 

Bengkulu,Kabardaerah.Com-Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Bengkulu resmi ditutup pada Jum’at 17/05/2024.

Penutupan POPDA dihadiri oleh Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bengkulu Khairil Anwar di Gelanggang Olahraga Sawah Lebar, Kota Bengkulu. 

Dikatakan Khairil, POPDA Bengkulu telah menjadi wadah bagi semua pelajar untuk menunjukan potensi kreativitas dan semangat dan sportivitas dalam bidang olahraga, melalui persaingan yang sehat.

“POPDA Bengkulu tahun ini telah selesai dan kita tutup. Kota Bengkulu dinobatkan sebagai juara umum dengan perolehan 28 emas, 9 perak dan 8 perunggu. Kemudian disusul kabupaten Bengkulu Tengah 4 emas, 8 perak dan 9 perunggu. Untuk peringkat ketiga yaitu Kepahiang 4 emas, 6 perak dan 6 perunggu,” kata Khairil. 

Ia melanjutkan, POPDA ini merupakan ajang bagi daerah Bengkulu khususnya pelajar dalam menyiapkan untuk ajang ke tahap selanjutnya.

Untuk menunjukan bakat dan dedikasi di cabang olahraga, POPDA 2024 ini juga sebagai upaya untuk menggeliatkan olahraga tingkat pelajar dalam rangka melihat hasil pembinaan olahraga di kabupaten kota dan bisa mendapatkan atlet-atlet terbaik. 

“Ajang ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pembinaan olahraga yang ada di kabupaten/kota dalam mempersiapkan para pelajar dalam mengikuti ajang di tingkat provinsi. Tentu ini juga menjadi kewajiban pemerintah kabupaten/kota dan provinsi dalam mempersiapkan mereka serta pihak swasta,” lanjutnya. 

Sementara itu, Kadispora provinsi Bengkulu Ika Joni Ikhwan menuturkan, kegiatan POPDA Provinsi Bengkulu 2024 ini berlangsung selama lima hari. Yaitu dari tanggal 13-17 Mei, yang diikuti oleh kabupaten/kota se-provinsi Bengkulu dengan delapan cabang olahraga dengan jumlah kontingen 1.302 orang. 

“POPDA Provinsi Bengkulu ini merupakan event tertinggi tingkat pelajar, diharapkan dengan kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet yang mampu mencetak prestasi serta mengharumkan nama daerah masing-masing yang berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu,” tuturnya. 

“Untuk cabor sepak bola sore ini akan dilanjutkan final yaitu antara Bengkulu Utara vs Kota Bengkulu. Kemudian, untuk kelanjutan dari POPDA ini nanti akan kita ikutkan Pra POPNAS bagi para atlet yang berprestasi pada September tahun depan di Solo Jawa Tengah. Makanya kita minta para tim atau pembina cabor di kabupaten/kota untuk dapat memantau para atlet yang memang berprestasi dan kita ikutkan di Pra POPNAS nantinya,” tutup Ika.(kd)