Bawaslu Sumut Mengikuti Sidang Pendahuluan PHPU Di Mahkamah Konstitusi

BERITA, DAERAH796 Dilihat

Sumut , Kabar Daerah.com- Sebanyak 12 Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang menyinggung Provinsi Sumatera Utaradan Kabupaten Kota di Sumut telah dibacakan oleh Pemohon pada sidang pendahuluan di Mahkamah Konstitusi pada Kamis, 02 Mei 2024.

12 Permohonan yang dibacakan oleh Pemohon pada ruang sidang Panel 1 tersebut terdiri dari 1 Permohonan yang diajukan oleh Calon Anggota DPD dan 11 Permohonan yang diajukan oleh Partai Politik.

Majelis Hakim pada sidang Panel 1 yang diketuai oleh Yang Mulia Suhartoyo mempersilahkan Para Pemohon untuk membacakan pokok-pokok Permohonannya.
Pihak Termohon bersama dengan Pihak Terkait serta Bawaslu mendengarkan Pembacaan Permohonan dari Pemohon.

Pada kesempatan tersebut Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi melanjutkan agenda persidangan dengan menetapkan dan mensahkan Alat Bukti yang disampaikan oleh Pemohon dan menyampaikan beberapa alat bukti yang masih perlu diperbaiki maupun alat bukti yang masih akan ditambahkan.

Terhadap Alat Bukti yang diajukan Pemohon yang kurang jelas ( kabur ) Majelis memberi catatan agar diperbaiki, demikian pula dengan alat bukti yg tidak sesuai dengan Daftar Alat Bukti yang diajukan maka Majelis Hakim memerintahkan Pemohon untuk menyesuaikannya.

Bawaslu Republik Indonesia yang diwakili oleh Ketua Bawaslu Rahmad Bagda Anggota Bawaslu Herwyn Malonda serta jajaran Bawaslu Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari Ketua M. Aswin Diapari Lubis dan Anggota sekaligus Kordinator Divisi Hukum dan Diklat Payung Harahap dan Anggota sekaligus Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Johan Alamsyah yang didampingi oleh 12 orang Kordinator Divisi Hukum Bawaslu Kabupaten Kota yang wilayah kerjanya masuk dalam locus yang disebutkan dalam Permohonan PHPU di Mahkamah Konstitusi.

Turut hadir pada sidang pendahuluan tersebut Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Utara sekaligus Kordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Romson Poskoro Purba bersama dengan Beberapa orang Ketua Bawaslu Kabupaten Kota yang PHPU, namun dikarenakan keterbatasan personel yang dapat masuk ke dalam ruang sidang, maka disepakati Pimpinan Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu Kabupaten Kota dapat menyaksikan persidangan secara live dari ruangan yang disediakan oleh Mahkamah Konstitusi. ( Redaksi Kabar Daerah)