Upacara Penutupan TMMD ke 120

DAERAH, MALUKU127 Dilihat

KabarDaerah.Com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 tahun anggaran 2024 secara resmi ditutup. Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.I.P., M. Han. di lapangan Kantor Bupati Buru, Jum’at, (07/06/2024).

Danrem dalam sambutannya menyampaikan TMMD ke-120 tahun 2024 kali ini mengangkat tema “Dharma Bahkti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah”. Tema ini menurutnya mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

TMMD Ke-120 tahun ini diselenggarakan di beberapa Kecamatan di Kabupaten Buru antara lain Kecamatan Waelata dan Kecamatan Waeapo.

Danrem juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik dapat diselesaikan tepat waktu dan seluruh sasaran non fisik dapat terlaksana dengan baik.

“Selama kurang lebih satu bulan para Prajurit TNI maupun Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat saling bahu-membahu, tanpa mengenal lelah berupaya menyelesaikan program TMMD ke-120. Kebersamaan ini merupakan bentuk sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara,” kata Danrem.

Danrem juga mengingatkan untuk terus menjaga semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat dan jangan mudah terhasut dan terprovokasi, serta menjaga terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini.

“Selain itu pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Dan kepada Dansatgas TMMD, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang,” imbau Danrem.

TMMD Reguler ke-120 dilaksanakan sejak 08 Mei sampai dengan 07 Juni 2024, dengan hasil sasaran proyek fisik berupa Pembangunan Drainase sepanjang 270 meter di Desa Waeleman dan Talud sepanjang 353 meter, pembangunan Drainase sepanjang 365 meter di Desa Waenetat, dan ditambah sasaran tambahan berupa 3 Sumur Bor yang berada di Desa Waenetat, Desa Kubalahin, dan Desa Grandeng, dan juga ditambah sasaran non fisik berupa Sosialisasi Wasbang, Sosialisasi Bahaya Narkoba, Sosialisasi Pertanian, Sosialisasi Bela Negara, Sosialisasi Ideologi Pancasila, Sosialisasi KB. Kes dan Stunting, Sosialisasi Kamtibmas dan Sosialisasi Kerukunan antar umat beragama.(J10/R).