Peringati World Environment Day 2024 PT BRE Lakukan Aksi Tanam Seribu Pohon

 

KabarDaerah.com – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Enviroment Day,PT Bhumi Rantau Energi ( PT BRE ) anak perusahaan Padang Karunia dan Hasnur Group lakukan aksi tanam seribu pohon di kawasan lahan eks pertambangan batubara.Rabu (5/6).

Direktur Operasional PT BRE, Kripson Kristomus Sihombing menyebutkan,
selama 15 tahun terakhir hingga saat ini, PT BRE telah mereboisasi lahan di Prov. Kalimantan Selatan seluas 574 hektare.

Dikatakan Direktur Operasional PT BRE, reboisasi dan rehabilitasi ratusan hektar lahan itu adalah bagian dari komitmen perusahaan yang bergerak disektor pertambangan kepada pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup.

“Pada tahun 2024 sendiri atau sekitar 5 bulan terakhir ini sudah ada sekitar 74 hektare yang kita tanami pohon.Dan luasan itu sudah melebihi jumlah total luasan lahan yang jadi komitmen PT BRE dengan Pemerintah di tahun sekarang.
Cukup memuaskan”,ungkapnya.

Dia mengatakan,disamping melakukan reboisasi juga pihaknya berkomitmen tetap menjaga lingkungan mulai dari upaya membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan.

“Kemudian untuk lingkungan,kami PT BRE terus berusaha menjaga semua kegiatan operasional pertambangan agar sesuai standar diantaranya saat blusting,
mengelola limbah air, menjaga kualitas udara dan lainnya”,ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Teknik Tambang PT BRE, Reo Arifan Chandra mengatakan,pada giat memperingati Hari Lingkungan Hidup ini pihaknya menargetkan menanam 1000 pohon diatas lahan yang sedang direklamasi.

Akan tetapi kata Reo,pelaksanaannya bertahap dimana pada hari ini ada 100 pohon sengon dan mahoni yang ditanam sementara selebihnya akan ditanam oleh tim beberapa hari kemudian.

” Sebagai informasi untuk tahun 2024 ini dari total 57 hektar lahan yang kita targetkan untuk direklamasi kini sudah melebihi target yaitu sudah mencapai 74 hektar”,ungkap Reo Arifan.

Ia menyebutkan, kegiatan penanaman pohon ini juga melibatkan perusahaan lain yang masih dibawah satu bendera Padang Karunia dan Hasnur Group yakni PT Hasnur Riung Sinergi (PT HRS) dan PT Kalimantan Prima Persada (KPP).

“Parameternya bukan hanya penanaman pohon semata,akan tetapi lebih dari itu yakni menjaga lingkungan tetap sehat antara lain menjaga kualitas udara, pengelolaan limbah B3,menjaga mutu air dan lainnya”, pungkasnya.(Ron).