KPU Bersama Forkopimda Tapin Gelar Rakor Lintas Sektoral Bahas Persiapan Peluncuran Pilkada 2024

KabarDaerah.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tapin menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan peluncuran Pilkada yang akan dilakasanakan pada 27 November 2024 mendatang, dimana tahapannya sedang berlangsung.

Rakor tersebut digelar di Befo Cafe, Kota Rantau, Senin (10/6/2024) dan dihadiri Ketua KPU Tapin Fakhrian Noor bersama Jajaran, Ketua Bawaslu Tapin, Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Zaenal Abidin, Perwakilan Kejari Tapin,Polres Tapin, Kodim 1010/Tapin, BIN Daerah Kalsel dan SKPD terkait lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Tapin, Fakhrian Noor menyampaikan, ada dua agenda yang jadi fokus pembahasan pada Rapat Koordinasi tersebut antara lain tentang persiapan peluncuran Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Tapin 2024 dan situasi terkini tahapan Pilkada.

“Untuk peluncuran Pilkada Tapin ini akan dilaksanakan 20 Juni 2024 mendatang, dan mengingat situasi cuaca serta demi menjaga kenyamanan juga keamanan, maka peluncuran Pilkada serentak ini akan dilakukan secara indoor di Pendopo Galuh Bastari Rantau”, ungkapnya.

Dikatakan Fakhrian, untuk Simaskot yang akan resmi diluncurkan pada Pilkada Kabupaten Tapin tahun 2024 ini yaitu lombok hiyung yang disingkat “Si Liyung”.

“Kita mengajak seluruh komponen juga lapisan masyarakat untuk bersama – sama untuk mensukseskan Pilkada 2024 nanti dan berjalan aman, damai serta lancar”, imbuhnya.

Senada dengan itu, Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Zaenal Abidin mengatakan, meski setiap pelaksanaan Pemilihan di Kabupaten Tapin cenderung kondusif, akan tetapi semua pihak mesti waspada dan melakukan upaya deteksi dan cegah dini terhadap hal – hal yang berpotensi bisa mengganggu Pilkada.

“Sekecil apapun potensi ancaman yang bisa mengganggu proses atau tahapan hingga pelaksanaan Pilkada 2024 ini harus segera diantisipasi”,jelasnya.

Disamping itu, Ia mengharapkan aparatur keamanan baik TNI, Polri, Bawaslu dan Satpol PP agar lebih masif lagi untuk melakukan patroli serta memberikan imbauan kepada masyarakat terhadap tindakan yang dilarang dalam aturan Pilkada serentak tersebut.

Dia juga meminta KPU Tapin untuk lebih aktif lagi mensosialisasikan Pilkada ini agar pelaksanaannya disamping berjalan aman, damai dan lancar juga sukses dengan tingginya partisipasi masyarakat.

“Saya berharap pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapin serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel ini bisa berlangsung damai dan partisipasi masyarakat tinggi”, pungkasnya.(Ron).