Upaya Tingkatkan Nilai Indeks Arsitektur SPBE Pemkab Tapin Lakukan Koordinasi dan Kolaborasi OPD Sekaligus Bimtek

 

Tapin.KabarDaerah.com – Pemerintah Kabupaten Tapin,Kalimantan Selatan, melalui Dinas Kominfo menggelar giat Koordinasi dan Kolaborasi sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) Arsitektur SPBE bagi para pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin.

Giat tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai Kamis hingga Jumat (13-14 Juni 2024), di Hotel Yogyakarta (DIY) dan diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari para Staf Ahli Bupati,Asisten beserta Kepala SKPD lingkup Pemkab Tapin.

Sekertaris Daerah Tapin DR.H.Sufiansyah
secara resmi membuka langsung Bimtek tersebut dan menghadirkan narasumber Tenaga Ahli SPBE dari PT Inixindo Widya Iswara Nusantara,Umar Afandy Siswoyo.

Pada sambutannya,Sekda Kabupaten Tapin DR.H.Sufiansyah mengatakan,
Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin berkomitmen untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang mudah,cepat,
transparan,akuntabel dan pelayanan publik yang berkualitas.

“Hal ini dapat diwujudkan melalui upaya penggunaan teknologi informasi serta komunikasi,atau dengan kata lainnya didorong melalui percepatan digitalisasi birokrasi”,ungkap Sufiansyah.

Ia menilai, birokrasi berbasis digital ini sebagai strategi tepat guna menciptakan pemerintahan lebih lincah, responsif dan adaptif sehingga mampu mendorong percepatan atau menunjang berbagai program pembangunan nasional.

“Disamping itu juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih cepat dan mudah serta diharapkan bisa menekan terjadinya penyimpangan”, tandasnya.

Menurutnya,kunci atau faktor suksesnya penyelenggaraan SPBE ini adalah SDM.
Sehingga diharapkan seluruh pegawai ASN khususnya di instansi pemerintahan Pemkab Tapin memiliki kepemimpinan dan kompetensi SPBE, sehingga layanan SPBE tersebut dapat diselenggarakan dan dimanfaatkan dengan optimal.

“Mengingat administrasi pemerintahan dan pelayanan publik secara elektronik semakin meningkat,maka dengan ini kita khususnya di pemerintahan harus menyadari bahwa wawasan atau pengetahuan tentang digitalisasi jadi sebuah tuntutan , sehingga Bimtek SPBE ini sangat perlu digelar”,ujarnya.

Senada dengan itu,Kepala Dinas Kominfo Tapin,Wahyudi Pranoto S.T mengatakan,
kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan capaian nilai indeks SPBE sekaligus mengejar ketertinggalan dalam capaian nilai tingkat implementasi kebijakan arsitektur SPBE di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin.

“Capaian nilai indeks SPBE Kabupaten Tapin tahun 2023 yaitu 3,09 dari skala 5 atau predikat baik,akan tetapi capaian tingkat implementasi kebijakan arsitektur SPBE kita 0 (Nol) dari 5 atau kata lain belum memiliki nilai dalam arsitektur”, ungkap Wahyudi Pranoto.

Ia mengajak dan menghimbau seluruh OPD dilingkungan Pemkab Tapin untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam persiapan pemenuhan data dukung pada evaluasi indeks dan tingkat implementasi arsitektur kebijakan SPBE 2024 ini.(Ron).