H-2 Idul Adha 1445 hijriah Pj Bupati Tapin Pantau Harga dan Stok Bapok di Pasar, Harga Telur dan Ayam Naik

 

Tapin.KabarDaerah.com – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama Kepala Dinas Perdagangan Tapin Sugian Noor dan Forkopimda, H min dua Hari Raya Idul Adha 1445 hijriah pantau langsung harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Keraton, Rantau. Sabtu (15/6/2024).

Muhammad Syarifuddin mengatakan,
pemantauan ini dilakukannya guna memastikan harga dan kondisi stok Bapok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Adha.

“Untuk harga Bapok relatif stabil juga ketersediaannya aman terkendali.Jika pun ada beberapa barang yang harganya naik akan tetapi tidak signifikan”, ujar Pj Bupati Tapin.

Ia pun memastikan,bahwa sejauh ini berdasarkan hasil pantauannya,tidak ada barang kebutuhan pokok masyarakat yang ditimbun pedagang atau grosir.

“Kita juga meminta kepada masyarakat pedagang agar tidak menaikkan harga,
meskipun momentumnya jelang hari raya”,pinta Muhammad Syarifuddin.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Tapin,Sugian Noor memastikan,H min 2
Idul Adha 1445 H/2024 M ini,tidak ada kenaikan harga bahan pokok (Bapok) yang mencolok kecuali daging ayam ras sama telur ayam ras.

“Untuk harga daging ayam ras pada hari ini Rp 45 ribu sedangkan kemarin masih diharga Rp 40 ribu atau naik Rp 5 ribu per kilogramnya.Kemudian untuk telur ayam ras sekarang Rp 31 ribu sementara hari kemarin Rp 30 ribu,naik Rp 1 ribu per kilo gramnya”, ungkap Sugian Noor.

Meski demikian,Kadisdag mengatakan jelang H min 1 Hari Raya Kurban masih ada kemungkinan beberapa jenis bahan pokok yang harganya bisa saja naik.

Menurut Sugian Noor, kemungkinan naiknya harga bapok tersebut bisa saja terjadi karena faktor tingginya permintaan pasar atau banyaknya kebutuhan masyarakat akan barang dengan waktu secara bersamaan.

“Akan tetapi kondisi stok, distribusi dan pasokan bapok untuk masyarakat aman terkendali, dan kami pastikan tidak ada penimbunan barang”, tandasnya.(Ron).