Peluncuran Pilbup Tapin 2024, Cabai Hiyung Jadi Inspirasi KPU Tapin Untuk Maskot

 

KabarDaerah.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Tapin 2024 resmi diluncurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin, bertempat di Pendopo Galuh Bastari, Rantau Baru, Kamis 20 Juni 2024.

Ketua KPU Kabupaten Tapin Fakhrian Noor mengatakan,peluncuran Pilkada ini sebagai ajang untuk sosialisasi sehingga mengundang seluruh steakholder terkait dan masyarakat serta pelaksanaannya sebagaimana amanat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 09 tahun 2022 tentang Sosialisasi Pemilu.

“Seluruh elemen masyarakat kita undang termasuk juga pemilih pemula dan kaum disabilitas”,ungkap Fakhrian.

Fakhrian menyebutkan, untuk maskot Pilkada Tapin tahun 2024 yang resmi diluncurkan dan diberi nama Si Liyung sendiri terinspirasi atau diambil dari cabai rawit hiyung yang merupakan hasil pertanian dan jadi khas atau ikon Kabulaten Tapin di tingkat Nasional karena tingkat kepedasannya.

“Diharapkan dengan maskot Si Liyung ini, produksi kinerja KPU dan partisipasi masyarakat pada Pilkada 27 November 2024 nanti terus meningkat”,harapnya.

Sementara,Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin meminta semua elemen baik pejabat dan masyarakat mulai TNI,Polri dan tokoh agama serta lainnya agar memberikan dukungan untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

“Peluncuran ini dapat menjadi ajang sosialisasi sehingga Pilkada serentak 2024 dapat berjalan aman,lancar dan damai serta partisipasi masyarakat untuk memilih makin terus meningkat”, harap Syarifuddin.

Ia pun mengapresiasi KPU Kabupaten Tapin yang telah memilih cabai rawit hiyung dijadikan sebagai maskot pada Pilkada Kabupaten Tapin tahun 2024.

“Hal ini selaras,karena cabai rawit hiyung merupakan hasil pertanian yang menjadi ciri khas atau ikon tapin di nasional yang patut kita banggakan”, pungkas Syarifuddin.

Peluncuran Pilkada Tapin tahun 2024 tersebut juga dimeriahkan panggung hiburan yang menampilkan beberapa grup band dan juga doorprize.

Hadir Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama Sekda Sufiansyah, dan Ketua DPRD Tapin H Yamani serta Jajaran Forkopimda, Anggota KPU dan Bawaslu Provinsi Kalsel serta Jajaran KPU dan Bawaslu Tapin.(Ron).