Dukcapil Provinsi Bengkulu Ajukan 40.000 Keping Blangko e-KTP ke Kemendagri

BENGKULU37 Dilihat

Bengkulu,Kabardaerah.comPersediaan blanko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang ada di Dinas Kependukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Bengkulu telah menipis, sehingga diusulkan penambahan sebanyak 40.000 keping blangko kosong ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami sudah mengajukan kembali kebutuhan blangko e-KTP sebanyak 40.000 blangko untuk mememenuhi ketersediaan blangko di Bengkulu. Sebab di beberapa Dinas Dukcapil daerah ketersediannya sudah hampir melampaui stok yang ada,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Bengkulu Diah Irianti, Sabtu (17/9/2022).

Dari pengajuan sebanyak 40.000 blangko, Diah mengungkap, Kemendagri akan mengirimkan 20.000 blangko dan akan tiba di Bengkulu pada Oktober 2022.

Ia menuturkan, jika persediaan blanko e-KTP selama ini didistribusikan langsung dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Ditjen Dukcapil Kemendagri. Saat ini pihaknya pun masih menunggu terkait pengadaan blangko dari Kemendagri.

“Makanya kami dari daerah itu menunggu dari pusat, karena pengadaannya langsung dari pusat. Jadi tidak ada pengadaan di daerah masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, saat ini stok blangko e-KTP di Provinsi Bengkulu tersisa sekitar 1.100 keping dari total penambahan sebelumnya sebanyak 27.466 keping blangko.

“Jumlah tersebut telah disalurkan ke sepuluh kabupaten/kota. Namun ada dua daerah yang saat ini tengah masif pencetakan e-KTP, yaitu Kabupaten Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu,” demikian Diah. (Adv)