Antisipasi El Nino, Pemprov Bengkulu Percepat Salurkan Bantuan Pompa Ke Masyarakat

BENGKULU125 Dilihat

Bengkulu, Kabardaerah.com,-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mempercepat penyaluran pompa dari pemerintah pusat ke masyarakat guna mengantisipasi dampak El Nino ke depan.

“Pemprov Bengkulu sudah menerima 232 unit bantuan pompanisasi dari pemerintah pusat. Bantuan 232 pompa ini rencananya akan disebar ke kabupaten maupun kota guna menekan krisis air saat El Nino,” kata Asisten II Pemprov Bengkulu Raden Ahmad Denni di Bengkulu, Jumat (14/06/2024).

Dia mengatakan bantuan 232 pompa dari pemerintah pusat harus dipercepat penyalurannya ke kabupaten dan kota agar para petani tak kesulitan dalam memperoleh air saat El Nino.

“Bengkulu mendapatkan 232 unit bantuan pompa air dari pusat, kami minta dipantau oleh dinas terkait agar mesin ini bermanfaat dan penyalurannya dipercepat dan tepat sasaran,” kata Raden Ahmad Denni.

Menurut dia, penyaluran bantuan pompa dari pemerintah pusat merupakan bentuk upaya pemerintah mengatasi permasalahan kebutuhan air para petani di Indonesia saat musim kemarau tiba. 

Denni menyebutkan Pemprov Bengkulu akan melakukan pendataan kembali terhadap areal persawahan yang ada di provinsi itu.

Hal itu dilakukan, kata dia, guna menekan kemungkinan terburuk yang terjadi di Provinsi Bengkulu terkait suplai beras yang tak dapat disediakan oleh kabupaten maupun provinsi tetangga, sehingga pemprov mengambil langkah antisipasi dari permasalahan mungkin ditimbulkan.

“Kami juga akan melakukan pendataan kembali, seandainya kabupaten tetangga, Bulog, tidak menyuplai beras, cukup tidak sawah di Bengkulu untuk menghidupi dua juta penduduk. Ini yang penting dan harus dibuat skema,” kata dia. (KD)