Warga Desa Adiluhur Geger Dengan Penemuan Jamur Raksasa

FIGUR120 Dilihat

LAMPUNG.KABARDAERAH.COM – Masyarakat digegerkan karena menemukan jamur berukuran raksasa, yang meluas bagaikan serumpun bambu.

Jamur ini tumbuh dengan sendirinya di dalam rumah warga diruangan dapur lantainya masih tanah sebelah kamar pribadinya.

“Ada 60 batang kurang lebih (dalam satu rumpun). Diameter (daun) antara 30 cm hingga 60 cm,” ujar ibu Evi ditemui di rumahnya, kampung jembat tiga, Desa Adiluhur, Kecamatan Panca Jaya, Selasa (12/3).

“Dia menceritakan, jamur itu ditemukan Ibu Evi sendiri, ketika hendak memasak pagi hari, di tepi dinding kamar, diruangan Dapur. 60 batang jamur itu tumbuh dalam satu rumpun, tetapi asal mulah masih Kuncup seperti bulu landak, pertama kali ditemui (25/2/19) sekitar jam 6 Pagi, bulan lalu,” ujar ibu Evi.

Batang jamur berwarna putih. Panjangnya 60 cm dan besar batangnya selengan orang dewasa. Sedangkan daun jamur berwarna putih.

“Langsung dibuat pager sekeliling memakai papan, agar tidak digangu anak-anak, jamur ini kalau tiap malam hari ngeluarkan asap seperti embun atau uap,” lanjunya ibu Evi.

Tidak dimasak dan dimakan? “Enggak, kami takut beracun, karena belum diperiksa atau di lep, kami takut keracunan, kami aja tidak tau jamur apa dan jenis jamur ini belum jelas,” jawab ibu Evi.

Beberapa warga sempat berdatangan untuk melihat, bahkan tiap hari orang datang untuk melihat serta photo-photo, Namun tak ada yang berani untuk membeli.nggak ada yang menawar, lanjunya ibu Evi.

Dia juga mengaku tidak tahu mau diapakan jamur tersebut. Dia hanya berusaha merawat jamur tersebut dengan menyiram air tiap pagi dan sore.

“Ya dirawat semampunya. Dikasih air tiap pagi dan sore,” tutupny ibu Evi. ***

(Yanguji)