Pemdes Kuripan dan Tim Kesehatan dari Puskesmas Talang Randai BS Lakukan Kegiatan Posyandu

BENGKULU38 Dilihat

Pemdes Kuripan dan Tim Kesehatan dari Puskesmas Talang Randai Lakukan Kegiatan Posyandu

Kabardaerah.com Bengkulu Selatan – Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak, Manfaat posyandu balita sangat diperlukan untuk memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Pemdes Kuripan dan Tim Kesehatan dari Puskesmas Talang Randai Lakukan Kegiatan Posyandu

Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kuripan, Pemerintah Desa ini fasilitasi posyandu yang melibatkan kader-kader Posyandu balita Desa Kuripan Kecamatan Bunga Mas kabupaten Bengkulu Selatan kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan rutin bulanan kerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Talang Randai Bunga Mas.,pada rabu,(12/4/2023)

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Kuripan Kecamatan Bunga Mas, Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain Penimbangan balita dan anak, yang mana Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu.

Kegiatan ini berguna untuk mengetahuipertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita khususnya di Desa Kuripan, dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok Kabupaten Bengkulu Selatan, Peningkatan Gizi, Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa pemberian penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

Kepala Desa Kuripan Hendi Mulyadi saat dikonfirmasi terkait kegiatan posyandu yang dilaksanakan di Desanya menyatakan bahwa Pemerintah Desa Kuripan sangat mendukung kegiatan posyandu yang diadakan di Desanya setiap bulannya. “Untuk tetap meningkatkan kesehatan di tengah tengah masyarakat, maka kita sangat mendukung posyandu ini, oleh karena itulah kegiatan ini selalu kita anggarkan setiap tahunnya karena kesehatan warga salah satunya program unggulan kita yang mestinya kita utamakan” terangnya. (Miksen)