Dinsos Kabupaten Malang Gelar Sosialisasi UGB dan PIPS

POLITIK31 Dilihat

JATIM.KABARDAERAH.COM- Dinsos Kabupaten Malang melalu Bidang pemberdayaan sosial telah berupaya dan merealisasikan programnya salah satunya dengan menyelenggarakan acara sosialisasi undian gratis berhadiah (UGB) dan Penerbitan Izin Pengumpulan Sumbangan (PIPS) yang diikuti oleh perwakilan Forum komunikasi karang taruna seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten malang sejumlah 33 Kecamatan.

Agenda kali ini bertempat diruang Rapat Anusopati Lantai II Jl.Merdeka Timur no 3 Malang pada hari selasa tanggal 15 Oktober 2019.

Hadir dalam acara ini kepala bidang pemberdayaan sosial Dra. Liswan Noby Ana T. ME, kepala Bidang pemberdayaan sosial dinas sosal kabupaten Malang, Drs. Sripurwati M. Si sekretaris bidang dinas sosial Kabupaten Malang
Prasetyo Adi Widodo S. Sos M.Si kepala dinas UGB PIPS Jawa Timur beserta perwakilan karang taruna se kabupaten Malang.

Dalam sambutannya Noby mengatakan, acara ini yakni untuk berbagi informasi dan sosialisasi undian gratis berhadiah (UGB) dan penerbitan izin pengumpulan sumbangan (PIPS) yang sesuai ketentuan, selain itu terwujudnya karang taruna yang madeb manteb menetep.

Adapun rangkaian acara ini pembukaan, acara inti dan penutup, dengan pemateri tunggal bapak widodo kepala dinas UGB PIPS Jawa Timur.

Sripurwati sekretaris bidang dinas sosial kabupaten malang dalam tutur pembuka mengatakan, peraturan presiden, peraturan daerah provinsi no 1 tahun 2010 bab 2 pasal 2 sebagai dasar pengumpulan dan penyampaian dana secara tertulis untuk peruntukannya tingkat desa harus izin kepala desa, tingkat kecamatan harus izin camat, tingkat kabupaten harus izin dari Bupati setempat, ini adalah inti dari sosialiasi UGB dan PIPS dalam kesempatan kali ini, imbuhnya.

Imam Rofi’i karang taruna kecamatan Gedangan mengatakan, bahwasannya generasi muda era milenial 4.0 calon penerus bangsa dan pemerintahan tingkat desa harus menguasai dan update akan informasi dan kebijakan yang melibatkan kalayak umum dan ini sedikit menjelaskan
Kenapa karang taruna harus diberikan sosialisasi seperti ini.

Karang taruna sebagai garda pemuda desa bertindak dilapangan yakni sebagai pengawasan dan narahubung ketika ada kegiatan atau UGB undian gratis berhadiah yang mengatasnamakan lembaga atau perusahaan dan pengusaha yang belum ada izin kemensos dan pemerintah setempat, Imbuhnya.

Undian adalah tiap-tiap kesempatan yang diadakan suatu badan untuk mereka yang setelah memenuhi syarat-syarat tertentu dan dapat ikut serta memperoleh hadiah berupa uang atau benda, yang akan diberikan kepada peserta-peserta yang ditunjuk sebagai pemenang dengan jalan undi atau dengan lain cara dengan untung yang tidak terbanyak. UGB (Undian Gratis Berhadiah) adalah suatu undian yang diselenggarakan secara cuma cuma dan digabungkan / dikaitkan dengan perbuatan lain (Promosi Produk barang/jasa).

Kesimpulan dari semua materi yakni masyarakat harus bisa memilah dan memilih mana undian gratis berhadiah yang legal dengan izin kemensos dan mana undian gratis berhadiah yang ilegal tanpa ada perizinan dari kemensos. ***

(Anis Hidayatie)