Ketua Ombudsman RI Kuliah Umum di Jurusan Administrasi Publik FISIP UNSRI

Ogan Ilir,KabarDaerah.com – Jurusan Ilmu Administrasi Publik FISIP Unsri adakan kuliah umum dengan tema “Peran Ombudsman Republik Indonesia dalam mewujudkan Pelayanan Publik Excelent di Indonesia” dengan menghadirkan Mokhammad Najih, Ph.D selaku Ketua Ombudsman Republik Indonesia di Ruang Teather Gedung A FISIP Unsri Indralaya, Kamis (02/02/2023).

Dalam laporan Dekan Fisip Unsri diwakilkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Azhar, SH., L.LM menyampaikan acara kuliah umum Jurusan Adminitrasi Publik ini di laksanakan secara Hybrid, 100 Peserta hadir secara langsung di Kampus Fisip Unsri Indralaya dan lebih dari 200 peserta mengikuti acara lewat aplikasi Zoom baik Dosen dan Mahasiswa Fisip.

Kuliah umum ini sendiri dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor 3 Unsri Bapak Iwan Stia Budi, S.Km,. M.Kes, mewakili Rektor Unsri beliau menyambut baik acara Kuliah umum ini dan berharap antara Unsri dengan Ombudsman RI dapat menjalan sinergi yang lebih kuat terutama dalam mendukung program Kampus Merdeka,

Dalam paparannya, Najih Sapaan akrab Ketua Ombudsman RI menyatakan bahwa untuk mencapai pelayanan publik yang excelent atau yang baik menjadi tangung jawab utama pemerintah karena sudah diamanatkan oleh undang-undang, namun dalam praktiknya sering pemberi layanan atau petugas layanan publik tidak melaksanakan kewajiban sesuai aturan atau dalam pelayanan publik disebut sebagai tindakan mal adminitrasi, ” nah tugas pencegahan mal administrasi itulah yang menjadi tugas dan fungsi dari Ombudsman RI” ungkap pak Najih.

Untuk mencegah mal administrasi tersebut maka salah satu solusinya ada penyelengara layanan harus menerapkan standard pelayanan yang ada, yang sudah diatur didalam UU no 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Ketua Ombudsman RI yang juga dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengajak peran serta perguruan tinggi dan mahasiswa untuk menjadi mitra Ombudsman RI dalam melakukan pengawasan pelayanan publik.

Acara ini sendiri dihadiri oleh kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Selatan, Wakil Dekan 1 FISIP Unsri, Wakil Dekan 3 FISIP Unsri Dr. andries Lionardo, Ketua Jurusan Administrasi Publik Dr. M. Nurbudiyanto, MPA dan Sekretaris Jurusan Ilmu Administrasi FISIP Unsri, Sekretaris Jurusan Hubungan Internasional, Dosen- Dosen Fisip Unsri Perwakilan BEM dan PASA / Himara Fisip Unsri baik yang datang langsung maupun yang mengikuti secara daring.

Sementara itu Ketua Panitia yang juga sekaligus sekretaris Jurusan Administrasi Publik Fisip Unsri Januar Eko Aryansah, S.IP., SH., M.Si menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensukseskan acara Kuliah umum ini. “Saya berharap ke depan jurusan Administrasi Publik Fisip Unsri dapat lebih banyak menghadirkan para praktisi ke kampus”tandasnya. ( Ocha/ Rilis )