Polres Lahat Kawal Aksi Demo di Kantor Bupati

BERITA, DAERAH, TERBARU591 Dilihat

LAHAT.KABARDAERAH.COM.- Kapolres Lahat AKBP S. Kunto Hartono SIK. MT, diwakili Waka Polres Lahat, Kompol Roy Aprian Tambunan SP. SIK memimpin langsung pengamanan aksi unjuk rasa damai masyarakat Desa Gunung Kembang, Kecamatan Merapi Timur. Aksi berlangsung di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat, Pukul 10.00 WIB, Senin (02/10/2023).

Adapun tuntutan aksi Massa Unras dari Deesa Gunung Kembang yang disampaikan korlap, Chairul dan penanggug jawab , Wakidi dengan jumlah massa kurang lebih 500 orang dengan point’ tuntutan adalah, hentikan operasional galian C di aliran sungai lematang milik saudara Solehan, cabut izin usaha galian C oleh CV. DS Permata yg sudah merusak lingkungan sungai lematang, usut Pungli yang dilakukan oleh saudara kades dan perangkat desa gunung kembang. dan non aktifkan kades, karena masyarakat di persulit setiap berurusan.

 

Massa di kawal langsung oleh kapolsek merapi barat AKP Husin SH, dan anggota sampai di halaman pemda lahat, dan di sambut team negosiator polres lahat yang di pimpin oleh kapolsek kota AKP Samsuardi dan kasat samapta AKP Aprianto SH.

 

Massa setiba di depan rumah dinas bupati, dan tidak di perbolehkan masuk di halaman pemda lahat langsung melakukan Orasi secara bergantian yg di tujukan kepada bupati lahat., yang selanjutnya atas negosiasi antar korlap dan team negosiator polres lahat dapat diambil keputusan hanya 8 orang perwakilan masyarakat yg akan menghadap bupati lahat  diwakili oleh Asisten I bapak Drs. Rudi Thamrin dan pejabat pemda lainya. Sementara untuk polres di wakili oleh kasat intel AKP Mulyono SH.

 

Dari hasil pertemuan pihak pemda akan meninjau kembali usulan surat izin yang  CV. DS. Permata milik  Sholekan. Mengingat surat izin yg mengeluarkan adalah dari dinas konserpasi dan perizinan tingkat I Propinsi Sumatera Selatan. Adanya indikasi pungli yg di lakukan oleh kepala desa dan perangkat pemda, kejaksaan dan polres lahat, akan menyelidiki pengaduan masyarakat.

 

Pada pukul 13.30 wib rombongan unras mulai membubarkan diri, meskipun sebagian masyarakat masih kurang puas dengan perwakilan masyarakat, akan tetapi setelah di bujuk dan di jelaskan masyarakat  membubarkan diri dan di kawal kembali oleh pihak polsek Kikim Barat. (*)

Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat Aiptu, Lispono SH.