Sah, KPU Resmi Tetapkan Nomor Urut Capres-Cawapres Pemilu 2024

BERITA UTAMA, POLITIK1378 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno terbuka pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024. Adapun, Pengundian nomor urut digelar di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023.

Adapun, Keputusan KPU tersebut berdasarkan Surat Nomor : 1644 Tahun 2023 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pilpres 2024. Dalam keputusan itu, KPU menetapkan nomor urut masing-masing pasangan calon.

“Menetapkan nomor urut pasangan calon peserta Pilpres 2024 sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keputusan ini,” kata Hasyim.

“Kedua, keputusan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan di Jakarta 14 November 2023,” sambungnya.

Berikut nomor urut peserta Pilpres 2024:

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin)
2. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
3. Ganjar Pranowo-Mahfud Md

KPU sebelumnya menyatakan pengambilan nomor antrean oleh cawapres didasarkan pada kedatangan ke KPU pada saat pendaftaran sebagai bakal pasangan calon. Artinya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi yang pertama untuk mengambil nomor antrean, disusul Mahfud Md dan terakhir Gibran Rakabuming.

“Sebagaimana data yang kami catat kehadiran mendaftar kesempatan pertama pada tanggal 19 Oktober 2023 pada jam 09.36 WIB adalah pasangan calon Anies Baswedan dan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari .

Pasangan kedua yang mendaftar yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di hari yang sama dengan Anies Baswedan. Pasangan terakhir yang mendaftar ke KPU yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

“Untuk pengambilan nomor antrean akan dilakukan berdasarkan nomor antrean kehadiran. Yang akan maju masing-masing calon wakil presiden,” ujar Hasyim.

Hasilnya, Muhaimin atau Cak Imin mendapatkan nomor antrean 8, Mahfud Md nomor 10, dan Gibran mendapatkan nomor 14. Ini berarti Anies-Cak Imin mendapatkan kesempatan pertama mengambil nomor pilpres, disusul Ganjar-Mahfud Md dan Prabowo-Gibran.

Selanjutnya, masing-masing capres akan maju mengambil nomor urut Pilpres 2024. Setelahnya, KPU akan menetapkan nomor urut pasangan calon Pilpres 2024.** Dommy.