Partisipasi Aktif Dalam Program Yang Diselenggarakan BKKBN, Babinsa Kodim Tapin Raih Juara Pertama

TAPIN.KabarDaerah.Com – Koptu Wahyuni Yahya Babinsa Koramil 1010-02/Tapin Tengah mendapat juara pertama sebagai Babinsa terbaik di Provinsi Kalimantan Selatan, yang disampaikan melalui surat nomor 598A/HL.01/J/2024 oleh BKKBN Kalimantan Selatan, Senin, (06/05)/2024).

Penghargaan ini berkat dukungan dan prestasi dalam implementasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023 bulan April sampai Mei 2024.

Koptu Wahyuni Yahya dinilai telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan program Bangga Kencana di wilayah kerjanya. Ia turut aktif memberikan pembinaan kepada warga di Kampung KB Desa Hiyung, KabupatenTapin.

Selain itu, dalam kegiatan momentum maupun pelayanan KB di Puskesmas, Koptu Wahyuni Yahya turut mengajak warga, dalam hal ini pasangan usia subur (PUS), yang ada di Desa Hiyung.

Dalam pendampingan ibu hamil dan pasca persalinan tidak luput membantu para bidan mengimbau dan membantu pelaksanaan posyandu setiap bulannya. Apalagi dengan diangkatnya Kasad sebagai Bapak Asuh Anak Stunting, hal ini pula yang menjadi instruksi secara tidak langsung agar para prajurit TNI menjadi Bapak Asuh Anak Stunting di desa binaannya.

Partisipasi aktif lainnya, Koptu Wahyuni Yahya memberikan pembinaan kepada para remaja dan keluarga yang memiliki balita agar menjaga kebersihan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi yang dilakukan bersama bidan dan kader KB setempat.

Dandim 1010/Tapin Letkol Arh Pryoni Palebangan, S.I.P., sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh Babinsa Koptu Koptu Wahyuni Yahya. Prestasi yang berhasil diraih merupakan contoh nyata bagaimana peran strategis Babinsa di lapangan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam mempercepat penurunan angka stunting.

“Ini menggambarkan kemampuan seorang Babinsa dalam menerapkan solusi konkret serta menghadapi tantangan di lapangan dengan penuh ketelitian dan kecermatan.”kata Dandim.(J10/Ron).