Bhayangkari Papua Periksa Kesehatan Warga Miktim

TERBARU84 Dilihat

Timika KabarDaerah.Com– Ketua Bhayangkari Polda Papua dan Polres Mimika, Selasa (1/8/17). menggelar pemeriksaan kesehatan bagi warga Mapurujaya, Distrik Mimika Timur, yang dipusatkan di halaman Kantor Distrik Mimika Timur.

Dalam pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan massal tersebut, Bhayangkari Polda Papua menggandeng Dinas Kesehatan, RSUD Mimika, Pemerintah Distrik Mimika Timur dan PT. Freeport Indonesia serta Polwan Tim Ekspedisi Puncak Cartenz.

“Kesehatan adalah investasi dalam pembangunan manusia. Dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM-Red), kesehatan adalah salah satu komponen utamanya,” kata Ketua Bhayangkari Polda Papua, Ny Ira Boy Rafli Amar.

Menurutnya paradigma kesehatan telah bergeser dari kuratif-rehabilitatif ke paradigma preventif-promotif. Tantangan pembangunan kesehatan pun semakin kompleks yang tentu membutuhkan penanganan lebih serius.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami dalam wadah Bhayangkari dan Polwan plihan yang hadir di sini serta semua pihak yang terlibat kepada masyarakat Mimika Timur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mapurujaya, Dita Warinussy menyebutkan, telah mengerahkan seluruh petugasnya dalam pemeriksaan kesehatan pada hari itu. Warga yang didiagnosa sakit, langsung ditindaklanjuti dengan pengobatan.

“Sekaligus kami melaksanakan imunisasi campak dan pemberian vitamin A karena Agustus ini adalah bulan imunisasi dan vitamin A,” jelas Dita.

Selain pemeriksaan kesehatan, penyelenggara juga menggelar donor darah, penyuluhan bahaya HIV AIDS dan TBC serta simulasi cuci tangan yang benar kepada siswa Sekolah Dasar.

(Terry Leisubun)

Tinggalkan Balasan