Wabup Suhatri Bur Buka Festival Layang – Layang Rumah Adat

TERBARU65 Dilihat
Wabup Kab.Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi camat Batang Anai Suhardi saat pembukaan Festival Layang-Layang

Padang Pariaman, KD – Wakil Bupati Pariaman Suhatri Bur Se, MM secara resmi membuka Festival Layang Layang Rumah Adat yang dihelat pemuda korong Marantih Nagari Ketapiang Kec. Batang Anai Kab. Padang Pariaman Sumatera Barat dalam rangka menyambut HUT RI ke 72 pada Rabu 9/8. Festival layang layang tradisional ini diikuti ratusan peserta se Kabupaten Padang Pariaman.

“ Pada intinya Featival layang layang ini adalah untuk meningkatkan persatuan dan menjauhkan generasi muda dari pengaruh narkoba” jelas Wakil Bupati usai membuka Festival layang-layang tradisional. Festival layang layang tradisional ini meeupakan permainan anak nagari untuk mempwrebutkan hadiah berupa bintang emas ditambah trophy.

Acara ini juga dihadiri oleh Syahrul Dt. Lung anggota DPRD Kab. Padang Pariaman yang juga calon kuat untuk menduduki jabatan ketua DPD Golkar Kab. Padang Pariaman, B. RKY. Sampono selakuniniak mamak berulayat dalam nagari Katapiang, Suhardi Camat Kec. Batang Anai dan Kasis Pariwisata Kab. Padang Pariaman Jon Kenedi.

“ Kita pemerintah Kab. Padang Pariaman sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat, nantinya kita akan mencoba untuk menjadikan Festival layang-layang menjadi salah satu event pariwisata” ujar Suhatri yang berharap even ini dapat dijadikan sebagai komoditi pariwisata Kab. Padang Pariaman kedepanya.

Sementara pada Festival layang -layang ini dibagai dalam lima kategori, kategori layang-layang dengan tali lima berukuran 2,5 meter, tali empat ukuran 2 meter, tali tiga 1,5 meter dan tali dua serta tali satu ukuran 90 cm.

“ Festival layang -layang tradisional ini mendidik generasi muda untuk cerdas, tangkas dan bisa mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah di waktu yang tepat” tutup B. RKY. Sampono sebagai pemilik layang-layang Rumah Adat. (Falind)

Tinggalkan Balasan