Pulau Pogo-pogo Jadi Tempat Pilihan Lomba Memancing Tradisional

TERBARU166 Dilihat

BACAN.KABARDAERAH.COM- Pulau Pogo-pogo merupakan salah satu pulau yang dapat ditempuh menggunakan transportasi laut selama kurang lebih satu jam dari pusat Ibu Kota Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Pulau tersebut ternyata menarik perhatian Pemkab Halsel untuk menjadikan pulau tersebut sebagai ikon wisata favorit bagi para wisatawan.

Keindahan pulau tersebut membuat Pemkab Halmahera Selatan menggelar lomba memancing tradisional di selat pogo-pogo. Acara ini dimulai pada minggu tanggal 24 hingga berakhir pada senin tanggal 25 desember 2017 hari ini. Lomba tersebut di ikuti oleh sejumlah peserta pecinta memancing khususnya yang berada Kabupaten Halsel yang di buka langsung oleh Bahrain Kasuba Bupati Halsel dan didampingi Iswan hasjim Wakil Bupati Halsel.

Dalam acara dengan tema menumbuhkan semangat kebersamaan dalam menjaga kelestarian sumberdaya perikanan itu, urut hadir pada pembukaan lomba mancing tersebut Kapolres Halsel, Kasdim, Kepala Inspektorat Provinsi Maluku Utara, Ketua TP PKK Halsel, Ketua GOW Halsel, Para Asisten, Staf Ahli, Camat Kecamatan Bacan Barat, Pimpinan SKPD, serta segenap panitia lomba Mancing Selat Pogo-pogo.

“Kita harus kompak untuk menjaga laut halmahera selatan, serta harus berkomitmen untuk tidak melakukan hal – hal yang merusak laut dan terumbu karang, seperti Bom, Potas, dan sebagainya,” harap Iswan Hasjim Wakil bupati Kabupaten Halsel dalam sambutannya, Senin (25/12/2017).

Pihaknya berharap bahwa selat Pogo-pogo tidak hanya sebagai destinasi tempat wisata semata, akan tetapi selat tersebut punya beragam ikan yang berlimpah dan akan menjadi sebuah tempat wisata andalan selanjutnya bagi Kabupaten Halmahera Selatan.

Sementara itu, Bahrain Kasuba dalam sambutannya juga menyebut bahwa selat Pogo-Pogo akan menjadi destinasi wisata baru yang kelak akan dikunjungi banyak wisatawan.

”Tanpa melupakan ikon wisata maluku utara yaitu Kepulauan Widi, Kita berharap melalui Mancing Selat Pogo-pogo 2017 ini berbagai destinasi alam di Halmahera Selatan bisa terekspos dan menjadi pilihan obyek wisata favorit bagi para wisatawan, khususnya bagi para pecinta hobi mancing,” ujarnya.

Lomba ini bertujuan sebagai sarana untuk lebih menumbuhkan rasa cinta serta menjaga pelestarian laut kita terutama terumbu karang di Pogo-pogo yang masih terjaga dan alami.

“Di Pogo-pogo ini juga terdapat beberapa spot wisata yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Danau Manjanga dan sebagainya,” pungkasnya.**

(IL/Ais)