Muhammad Rizali : Harapan Saya Untuk Nagara

OPINI & ARTIKEL121 Dilihat

KALSEL.KABARDAERAH.COM— Muhammad Rizali, Salah satu mahasiswa aktif di kampus UIN Antasari Banjarmasin, saat ini mengambil Disiplin ilmu Ekonomi Syariah dan memasuki semester Enam.

Dia merupakan mahasiswa yang paling getol menyuarakan tentang kampung halamannya, paling tidak malu dan gengsi mengakui daerahnya sendiri.

Nagara, Merupakan salah satu daerah pedalaman yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sebuah Kabupaten yang beribukota di Kandangan.

Secara geografis, jarak antara Nagara dengan Kandangan memang relatif jauh, yaitu sekitar 30 km dari pusat ibukota.

Sehingga dengan jauhnya jarak antara Nagara dengan pusat kota, menyebabkan terhambatnya sistem pelayanan publik bagi masyarakat Nagara.

Tidak jarang, untuk berurusan dengan birokrasi pemerintahan masyarakat Nagara, harus mengeluarkan biaya dan tenaga lebih ekstra dibanding masyarakat disekitaran ibukota kabupaten.

Lain lagi halnya dengan infrastruktur dan pembangunan, bisa dibilang Nagara ketinggalan jauh dibelakang dari kota Kandangan, sebagai ibukota Kabupaten.

Kandangan merupakan ibukota kabupaten yang secara tata ruang dan pelayanan publik sudah sangat matang, karena dikota tersebut pusat sistem pemerintahan dan perekonomian kabupaten.

Berbeda dengan Nagara, kawasan tertinggal yang secara pembangunan belum terlihat bentuk fisiknya, sudah puluhan kepala daerah yang memimpin kabupaten, tetapi dampaknya tidak terlalu signifikan, terkecuali mendekati hari-hari pemilu.

Di Nagara, masyarakatnya masih mengandalkan sungai sebagai sendi kehidupan, mulai mandi, cuci baju, cuci piring, hingga sebagai pembuangan kotoran manusia.

Disisi lain, masyarakat Nagara masih memprioritaskan klotok sebagai transportasi utama untuk bepergian disekitran wilayah Nagara.

Masjid Jami Ibrahim Nagara, dipinggiran Sungai Nagara

Maklum saja, untuk transportasi yang modern, seperti taksi baik konvensional maupun online, masih belum bisa menyentuh kawasan Nagara.

Sehingga, apabila dilihat secara Eksplisit, Nagara masih jauh tertinggal dari daerah-daerah lainnya di Kalimantan Selatan umumnya, dan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan khususnya.

Kedepan, berharap untuk Nagara, terwujudnya keadilan yang merata di setiap daerah kabupaten Hulu Sungai Selatan, baik itu daerah yang dekat dari pusat kota sampai yang jauh dari jangkauan media.

Dengan meratanya keadilan dari segi ekonomi, infrastruktur dan pembangunan, pelayanan publik maka secara implisit akan membantu mewujudkan masyarakat adil dan makmur, yang menjadi cita-cita founding father negara Indonesia ini sejak diproklamirkannya kemerdekaan.

Oleh : Muhammad Rizali