Tujuh Atlit Rugby dari Timika Ikut TC di Jayapura

TERBARU34 Dilihat

PAPUA. KABARDAERAH. om – Sebanyak 7 atlet Rugby putra dan putri dari Mimika terpilih mengikuti Training center ( TC), Atlet Rugby di Jayapura guna persiapan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang.
Ketujuh atlet ini terdiri atas 4 atlet putera dan 3 atlet putri. Mereka adalah Yakob Beanal, Tomi Bukaleng, Tinus Omaleng dan Ronald Demena. Sementara 3 puteri yang tergabung yakni Sisilia Sowai, Felisa Kogoya dan Maria Deda.

Sebelum melakukan keberangkatan pada Kamis (1/8) nanti, para atlet bersama Pelatih Kepala Tim Rugby Papua, George Deda dan Asisten George Ofide berpamitan di Kantor KONI Mimika disaksikan Sekretaris KONI Mimika Cesar A Tunya dalam konferensi pers, Selasa (30/7) malam.

Kepala pelatih Rugby George Deda mengatakan proses seleksi Tim Rugby Papua telah dilakukan sejak Oktober 2018. Seleksi mulai dilakukan pada kejuaraan Papua Open 2018 dan beberapa kejurnas lainnya.

“Selama ini TC Rugby dilakukan di tiga tempat yakni Jayapura, Mimika dan di Jakarta karena ada beberapa pemain kita yang mengikuti TC Timnas. Tanggal 3 Agustus nanti semua sudah kumpul di Jayapura untuk memulai proses TC,” ujarnya.

Deda mengatakan selain dari Timika, 16 atlet Rugby putera dan 16 atlet puteri yang telah terdaftar dalam TC Rugby juga berasal dari Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Merauke.

“Ada 7 atlet kita tergabung dalam Timnas putera-puteri Rugby Indonesia. Dua atlet dari Merauke merupakan atlet timnas putera. Sedangkan di timnas puteri ada lima atlit,” ungkapnya.

Dijelaskan, Cabang Olahraga (Cabor) Rugby untuk pertamakalinya akan disertakan pada PON 2020 di Papua dan akan diikuti oleh 6 provinsi ditambah Papua sebagai tuan rumah.

“Pada presentase setiap cabor PON Tim Provinsi Papua beberapa waktu lalu di Jayapura, kami sudah sampaikan bahwa target cabor Rugby Papua adalah meraih emas. Ini tugas yang berat tapi kami percaya kita bisa,” terang Deda.

Pada kesempatan itu Deda mengaku bahwa lawan terberat Tim PON Rugby Papua adalah Tim Rugby asal DKI, Jogjakarta dan Provinsi Bali.