Kampanye Literasi, SMP Islam Sabilurrosyad Malang Adakan Lomba dan Sarasehan

LIPUTAN KHUSUS230 Dilihat

JATIM.KABARDAERAH.COM-Serangkaian kegiatan telah diadakan civitas SMP Sabilurrosyad Gasek Malang dalam mengawali tahun ajaran baru. Bertujuan mengkampanyekan literasi, sekolah tersebut mengadakan lomba lomba dan sarasehan di gedung dan masjid sekolah tersebut, pada hari Sabtu 4 Agustus 2019.

Fokus pada pengembangan minat siswa di bidang literasi, sekolah tersebut mengadakan lomba-lomba kepenulisan. Membuat puisi dan pantun adalah salah satunya. Acara tersebut ditutup dengan kegiatan sarasehan dengan mengundang Anis Hidayatie, Ketua Umum Komalku Raya, Komunitas Menulis Buku Malang Raya dan sekitarnya sebagai pembicara.

” Ini adalah agenda tahunan sekolah, kami biasa mengundang orang luar untuk berbagi pengalaman. Kali ini literasi kita angkat supaya anak-anak punya jiwa menulis sejak dini,” kata tersebut Yulina Dwi Lestru, guru Bahasa Indonesia setempat, Rabu (7/8).

Dikatakannya, Sarasehan tersebut mengambil tema “berkhidmah dalam kata” dengan materi membuka mindset menulis. Sebelum acara berakhir ada tugas langsung menulis pada peserta sesuai minatnya. Yakni menulis puisi, artikel dan cerpen. Tentang Cinta keluarga, sekolah atau pengalaman sebagai santri.

Sementara itu Islahuddin, selaku kepala sekolah mengatakan, Rencananya karya tulis peserta itu nantinya akan dibukukan, supaya ada kesan yang tertuang disamping sebagai motivasi pada siswa untuk menulis.”

Acara beberapa waktu kemari berjalan lancar. Kegiatan diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para juara juga foto bersama seluruh peserta. Antusias, guru dan murid terlihat tumbuh minat literasinya. **

(Anis Hidayatie)