Disdukcapil Jemput Bola Pembuatan Akte Kelahiran Gratis di Desa Talang Taling

TERBARU84 Dilihat

SUMSEL.KABARDAERAH.COM- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan terus mengadakan terobosan pembuatan akte kelahiran secara gratis.

Dengan cara jemput bola terjun langsung mendatangi masyarakat kelapangan. Seperti di Kecamatan Gelumbang yang di fasilitasi oleh kantor Kepala Desa Talang Taling, Kabupaten Muara Enim, Senin(28/10/19).

Adanya pembuatan akte gratis ini merupakan program dari kementerian pusat yang terus digalakkan oleh Disdukcapil untuk memaksimalkan dalam pelayanan akta kelahiran. Hal ini sepenuhnya didukung oleh Kepala Desa Talang Taling, yang semasa 4 tahun ia menjabat menjadi Kades sudah 3 kali meminta Disdukcapil melakukan pelayanan pembuatan akte kelahiran gratis di kantor desa Talang Taling.

“Alhamdulillah pembuatan akte kelahiran gratis dari Disdukcapil ini sudah yang ketiga kalinya dilakukan di kantor desa kami semasa 4 tahun saya menjabat Kades. Itupun saya yang minta melalui usulan dari warga, alasannya karena masyarakat khususnya warga desa Talang Taling masih banyak belum memiliki akte. Tapi meski dilakukan di kantor desa kami, pembuatan akte kelahiran gratis ini diikuti oleh masyarakat dari 22 desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Gelumbang,” kata Syapran, Kades Talang Taling saat disambangi di kantornya seusai kegiatan.

Dijelaskannya, rasa antusias masyarakat yang datang untuk membuat akte kelahiran sudah tampak terlihat dari pagi hingga menjelang sore hari masih memadati kantor desa Talang Taling. Sebab sebelumnya pada jauh-jauh hari sebelum kegiatan dilaksanakan sudah disampaikan oleh masing-masing pihak desa, melalui sosialisasi setiap ada pertemuan terhadap warga.

“Sebelumnya sudah diberitahu bahwa pada hari ini bakal diadakan pembuatan akte kelahiran gratis di kantor desa kami. Juga sudah dihimbau bagi warga yang ingin membuat akte kelahiran cukup dengan menyiapkan syarat poto copy KK/KTP dalam wilayah Kabupaten Muara Enim, buku nikah suami/istri, surat keterangan lahir dan mengisi formulir yang sudah disiapkan dengan ditanda tangani langsung oleh Kepala desa masing-masing,” terang Syapran.

Bayangkan, sambung dia, betapa sibuknya kami hari ini untuk warga desa Talang Taling saja tercatat ada sekitar 4200 jiwa lebih. Meski sebagiannya sudah ada yang bikin akte kelahiran pada sesi sebelumnya. Belum lagi ditambah oleh masyarakat dari 22 desa dan 1 Kelurahan se-Kecamatan Gelumbang. Tapi semuannya terlayani dengan baik hari ini oleh pihak Disdukcapil yang juga dibantu oleh perangkat desa kami,” ungkapnya.

Lebih dalam disampaikan Kades Talang Taling, adapun fasilitas yang disiapkan oleh pihak pemdes Talang Taling dalam pelaksanaan pembuatan akte kelahiran gratis, selain menyiapkan tempat dan membantu dalam pelayanan publik serta penyiapan formulir. Dirinya juga rela berkorban membantu segala kebutuhan pihak yang bekerja, termasuk dalam menyiapkan konsumsi makan dan minum.

“Segala kebutuhan mereka kita siapkan, termasuk keamanan serta makan dan minum, demi kelancaran agar mereka bisa bekerja tanpa hambatan. Harapan saya selaku kepala desa supaya program seperti ini bisa terus berlanjut ke desa-desa yang lain. Sebab, selain mempermudah masyarakat dalam kepengurusannya juga sangat membantu menumbuhkan minat bagi masyarakat yang kurang peduli dan memahami betapa pentingnya memiliki akte kelahiran,” pungkas Syapran, Kades Talang Taling. ***

(HD/YM)