Kawa Daun dan Pasar Vander Capellen Raih Juara diajang API 2019

BERITA, DAERAH126 Dilihat

TANAH DATAR, KABARDAERAH,- Upaya masyarakat Tanah Datar akhirnya berbuah manis. Pasalnya, pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2019, Kawa Daun dan destinasi Pasar Van der Capellen berhasil dinobatkan sebagai Juara II dan III.

Dua penghargaan bergengsi bidang pariwisata tersebut diterima langsung Wabup Zuldafri Darma dari Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Guntur Sakti di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Jumat (22/11).

Usai menerima penghargaan bergengsi tersebut, Wabup Zuldafri mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang telah memberi dukungan terhadap dua destinasi ini sejak Juli lalu melalui voting SMS dan aplikasi.

“Alhamdulillah Pacu Jawi juga menjadi juara II tahun lalu Kategori Atraksi Budaya Terpopuler, tahun ini kita raih 2 gelar lagi. Tentu semua ini berkat usaha kita semua untuk menjadikan Luhak nan Tuo lebih baik,” ucap Zuldafri.

Tambahnya, destinasi wisata di Tanah Datar perlu dukungan terus menerus dari masyarakat. Ia menilai, dengan adanya berbagai penghargaan akan memberikan dampak promosi yang baik.

“Kita kan berharapnya juara I nasional lah keduanya ini (Kawa Daun dan pasar Vander Capellen). Tapi, hari ini sudah merupakan perolehan bagus untuk kita semua. Kita yakinlah, dengan bertambahnya penghargaan ini, pariwisata kita akan lebih dikenal di Nasional dan Mancanegara. Ya dampaknya kan perekonomian kita bakal maju,” jelasnya.

Juragan Pasar Van der Capellen Ade Firman yang turut hadir pada kesempatan itu mengungkapkan, agar tercapainya prestasi pada ajang API Award Tahun 2019 ini, khusus pasar Van Der Capellen dilakukan pembenahan serius. Termasuk promosi yang tak henti kepada masyarakat untuk mengikuti vote, disampaikan melalui media sosial dan radio.

“Alhamdulillah, Apa yang kita usahakan bersama sudah berbuah manis,”pungkasnya.

Pada ajang API tersebut, untuk kategori Minuman Tradisional Terpopuler juara I berhasil dipangku Kabupaten Tanjung Jabung dengan Sirup Pedadanya dan Juara III adalah Sirup Aren dari Kabupaten Lebak.

Sementara pada Destinasi Kreatif Terpopuler, Rumah Alam Adventure dari Kota Manado menduduki juara I dan Pantai Tongaci dari Kabupaten Bangka berhasil menggagalkan Pasar Vander Capellen Tanah Datar fan harus rela bertengger di nominasi terbaik III. (BgZ)

Editor : Aldoris A