Rakornas Perhubungan, Sarana dan Prasarana Harus Ditingkatkan Sebagai Penunjang Ibu Kota Negara baru

TANJUNG SELOR-KALTARA, KABARDAERAH.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Dinas Perhubungan menggelar rapat Koordinasi Teknis (Rakornas) Perhubungan Se- Provinsi Kalimantan Utara tahun 2020 dengan tema ” Melalui Rakornas Kita Wujudkan Keterpaduan Program Antar Sub Sektor Perhubungan di Tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Rangka Menjadikan Kalimantan Utara sebagai Penunjang Ibukota Negara “, Selasa (11/2) di Gedung Gabungan Dinas Provinsi Kalimantan Utara lantai 1 jalan Rambutan.

Rakornas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2020 di buka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Zainuddin HZ, MS.i, turut menghadiri Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementerian RI, Kadishub Kaltara Ir. H. Taupan MM, Kadishub se-kabupaten/kota, kepala pelabuhan dan kepala bandar udara Se- Kaltara.

Asisten III / Bidang Administrasi Umum H. Zainuddin HZ mewakili Gubernur Kaltara H. Irianto Lambrie yaitu dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta menjadi wadah silaturahmi juga tukar pikiran dalam memajukan Kalimantan Utara dalam bidang Perhubungan.

Pemerintah sangat menyambut baik penyelenggara Rakornas tersebut, semoga pertemuan ini menghasilkan keputusan yang mengarah pada solusi atas permasalahan yang dihadapi terkait jasa transportasi darat, Laut dan udara, apalagi Transportasi memegang peranan penting dalam menggerakkan roda perekonomian, jika ada kesalahan manajemen lalu lintas tentu akan timbul inefisiensi yang menghambat kegiatan ekonomi yang ada serta bisa timbul permasalahan lingkungan, ujar Zainuddin HZ.

Lebih lanjut dikatakan Asisten III Setprov Kaltara H. Zainuddin HZ, Rakornas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara perlu diwujudkan dengan program keterpaduan antar Sektor Perhubungan ditingkat Nasional, Provinsi hingga Kabupaten dan Kota untuk menjadikan Kaltara sebagai Ibukota Negara baru, karena itu sekarang dibahas mengenai Perhubungan baik masalah dan kendala untuk dicarikan solusi baik, tentu usulan, ide, rencana atau pendapat kita untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat, ujarnya.

Kalimantan Utara siap menjadi penunjang IKN baru, tentunya sipenyelenggara Transportasi dikaltara harus dibenahi, misalkan sarana dan prasarana dalam percepatan pembangunan, maka perlu konektivitas antar Kabupaten Kota hingga Provinsi supaya kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara Ir. H. Taupan MM dalam acara Rakornas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara tahun 2020, menjadi tantangan sendiri bagaimana kebutuhan masyarakat khususnya di Kaltara yaitu Transportasi baik darat, udara dan laut bisa terpenuhi, tentunya perbaikan atau meningkatkan sarana dan prasarana serta fasilitas, misalkan pembangunan prioritas perhubungan laut salah satunya percepatan pembangunan pelabuhan Tengkayu 1 Kota Tarakan sudah 98 persen, dan target kita April 2020 sudah diresmikan, ada juga perpanjang jalur landasan lapangan udara di wilayah Provinsi Kalimantan Utara, ungkap Kadishub Kaltara Ir. Taupan. MM.

Rakornas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara saat ini penting dibahas, Kalimatan yang dijuluki sebagai Pulau Borneo, ditahun 2024 Pemerintah Pusat sudah memastikan Kaltim tempatnya Ibu Kota Negara baru, kita yang di Kaltara harus siap disegala bidang khususnya Perhubungan baik antar Kabupaten dan Kota harus siap berbenah.

Saat ini juga dibahas, baik permasalahan Perhubungan di bidang transportasi darat, udara dan laut hingga pemecahan permasalahannya, baik tadi yang telah diungkap oleh asisten III usulan program dan kegiatannya juga anggaran ditahun 2020 tentu Dishub Kaltara meminta dukungannya serta perannya baik kabupaten dan kota yang ada di Kaltara untuk mengsinkronkannya dengan Kementerian Perhubungan, ujar H. Taupan MM, (aspian)